Mengatasi Flu dan Pilek pada Anak

Jika Buah hati Anda terkena flu dan pilek, beberapa tip berikut mungkin bisa membuatnya tidur lebih nyaman.

1. Pastikan dia mendapat cukup cairan. Usahakan dia sering minum, meski sedikit-sedikit. Selain air minum, Anda juga bisa menyiasati dengan memberinya air buah (jus).

2. Jika ingusnya kental dan menyumbat hidung, beri dia air garam steril sebagai tetes hidung. Asalkan benar-benar steril, Anda tidak perlu khawatir efek sampingnya karena air garam adalah larutan fisiologis seperti yang ada di dalam tubuh kita. Jika perlu, beri dia uap air panas untuk dihirup.

3. Jika larutan garam steril masih belum bisa membuatnya tidur karena hidungnya masih tersumbat, beri dia dekongestan hidung yang mengandung oxymetazoline atau xylometazoline. (Contoh merek dagang: Iliadin, Afrin, atau Otrivin).

Obat-obat ini tidak menghilangkan penyebab pilek, melainkan hanya bekerja menghilangkan gejala hidung tersumbat. Selain itu, golongan obat ini juga tidak dianjurkan untuk dipakai sering-sering. Karena itu gunakan hanya bila benar-benar perlu.

Hindari penggunaannya lebih dari dua kali dalam 24 jam. Untuk anak di bawah 6 tahun dan/ atau pemakaian lebih dari 3 hari, Anda harus konsultasi dengan dokter.

4. No antibiotics! Penyebab flu dan pilek adalah infeksi virus, bukan bakteri. Semakin sering anak minum antibiotik, semakin sulit ia sembuh jika terserang infeksi bakteri. Pastikan dia beristirahat dengan cukup. Flu bersifat self-limiting. Gangguan ini bisa hilang dengan sendirinya, meski tanpa obat.

“Tapi Anisa ingusnya hijau, Dok?” Demikian biasanya alasan orangtua yang “membajak” dokter agar meresepkan antibiotik. Ingus hijau bukanlah pertanda infeksi bakteri, melainkan kurang cairan. Bahkan itu bisa menjadi pertanda pileknya akan sembuh.

5. Usahakan udara ruangan tidak terlalu kering. Karena itu, sebaiknya Anda mematikan AC sebab akan membuat udara menjadi kering. Agar ruangan lebih lembap, buka keran air panas di kamar mandi. Atau letakkan satu ember air panas di dalam ruangan. Lalu biarkan uapnya menyebar ke seluruh ruangan.

Selain kedua cara ini, kelembaban bisa juga diperoleh dengan memasang humidifier. Jika memakai cara terakhir ini, pastikan Anda membersihkan alat tersebut setiap hari untuk mencegah kontaminasi bakteri atau jamur.

6. Jika ia demam tinggi (lebih dari 38.5 oC), beri dia parasetamol. (Lihat artikel Menangani Anak Demam, Primavita edisi lalu)

Pencegahan

1. Beri dia ASI. Ini adalah cara terbaik meningkatkan kekebalan anak. Tidak ada obat yang bisa digunakan untuk meningkatkan kekebalan anak terhadap virus flu. Daya tahannya akan meningkat sejalan dengan waktu.

2. Sering-sering cuci tangan. Bukan hanya tangan buah hati Anda, tetapi juga tangan Anda. Tampaknya ini sepele, tapi ini bisa mengurangi risiko anak terhadap paparan virus dari orangtua.

3. Hindarkan dia dari close contact dengan penderita lain, baik dengan orang serumah maupun di sekolah. Bayi atau anak yang punya kakak sudah bersekolah, punya kemungkinan lebih besar untuk terkena flu. Ini karena kontak pada anak-anak terjadi secara sangat dekat.

4. Jaga kebersihan rumah. Termasuk ruangan-ruangan yang sering terlupakan, seperti dapur dan kamar mandi.

Kapan Perlu Menghubungi Dokter

1. Jika flu atau pileknya disertai batuk dan berlangsung lebih dari 1 minggu.

2. Ji
ka ia kehilangan nafsu makan dan menolak sebagian besar makanan yang Anda berikan.

3. Jika ia susah bernapas. Bibir dan kuku yang kebiruan adalah pertanda dia kekurangan oksigen.

4. Jika ia rewel secara tidak wajar.

5. Jika ia tidur terus dan susah dibangunkan.

Boks-1

Cara memberikan obat tetes hidung

· Tidurkan anak.

· Miringkan kepalanya ke belakang sehingga lubang hidungnya menghadap ke atas.

· Teteskan (sesuai dengan dosisnya) ke dalam masing-masing lubang hidung.

· Tahan pada posisi semula selama 2 atau 3 menit supaya obat bekerja.

· Setelah selesai, bilas pipet penetes dengan air panas, dan keringkan dengan tisu bersih.

· Segera tutup wadah begitu selesai dipakai.

· Untuk menghindari penularan, sebaiknya jangan gunakan satu botol obat tetes untuk lebih dari satu orang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s