Doa di Ujung Ramadlan [doa]

Lebaran masih lima hari lagi. Tapi hari ini orang-orang saling mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri. Mereka saling meminta maaf lahir batin. Tulus sekali rasanya. Sejujurnya, saya iri kepada mereka.

Sebagian mengucapkan minal ‘aidin wal faizin . Semoga kita menjadi orang yang kembali suci dan beruntung. Sebagian lagi menambahi taqobbalallaahu minnaa waminkum .Semoga Allah menerima ibadah kita. Tiap kali membaca ucapan selamat macam ini, saya selalu diserang rasa bersalah. Rasa bersalah terhadap diri sendiri. Kepada orangtua dan saudara-saudara yang telah menyekolahkan saya. Kepada guru-guru yang telah mendidik saya. Juga kepada Tuhan yang selama ini memanja saya.

Bulan Ramadlan ini tampaknya tak beda jauh dengan Ramadlan-ramadlan tahun kemarin. Entah mengapa begitu lembam hati saya sehingga tak sanggup menjadikan bulan ini sebagai bulan suci seperti yang diajarkan guru-guru saya. Seperti yang dilakukan oleh para pemberi ucapan-ucapan selamat Idul Fitri itu. Mungkin karena saya terlalu rasional dalam beragama. Saya pernah sekali mencoba bermalam di masjid Istiqlal dengan niat i’tikaf. Tapi begitu sampai di sana, saya makan bakso, sholat dan membaca Al-quran sebentar, lalu tidur hingga menjelang subuh. Malam beriktunya, ketika orang-orang bermunajat menunggu malam seribu bulan, saya menghabiskan malam dengan nonton film.

Saya sungguh malu jika harus memberi ucapan lebaran dengan doa-doa suci macam itu. Buat saya, ucapan lebaran ini adalah doa yang sangat luhur. Yang kebanyakan orang Islam tidak layak mengucapkan doa macam ini, persis seperti saya. Bagaimana mungkin seorang penurut nafsu berdoa agar Tuhan menerima puasanya; agar Dia menjadikannya kembali suci.

Akhirnya, yang saya lakukan hanya berdoa di dalam hati: Allahumma a’innii ‘alaa dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibaadatik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s