Kita semua koruptor [gedabrusan]

Hari ini ingsun membaca berita menarik di Kompas. Khairiansyah Salman, auditor BPK penerima Integrity Award karena prestasinya mengungkap kasus suap KPU yang melibatkan Mulyana W. Kusumah, kini menjadi tersangka korupsi Dana Abadi Umat yang melibatkan mantan Menteri Agama.

Jika benar, ini pasti lelucon paling menggelikan minggu ini.

Meski ingsun tak kenal secara pribadi, ingsun tak meragukan integritas Khairiansyah (maupun Mulyana). Dalam pandangan ingsun, mereka hanya orang-orang yang kecipratan budaya korupsi di lingkungannya. Mereka bukan koruptor sebenarnya.

Menurut ingsun, tak ada satu orang pun di negeri ini yang benar-benar terbebas dari cipratan budaya korupsi. Kita semua adalah koruptor, dalam pengertian paling dasar. Bahkan ketika ingsun menulis di blog ini pun, sebetulnya ingsun sedang melakukan korupsi. Ingsun memanfaatkan fasilitas internet kantor untuk urusan pribadi. Dan ingsun tak punya satu alasan pun untuk membela diri.

Karena semua orang korupsi, maka tak ada satu pun yang berhak bicara, “Mari kita berantas korupsi.” Yang masuk akal dilakukan adalah: koruptor satu juta boleh mengingatkan koruptor seratus juta. Koruptor seratus juta boleh mengingatkan koruptor satu miliar. Begitu seterusnya. Dan koruptor paling besar harus berbesar hati untuk tidak mengingatkan siapa-siapa. Ia harus berdada lapang untuk digelandang ke tanah lapang lalu diikat di sebuah tiang. Bukan untuk menjalani hukuman tembak, tetapi hukuman gelitik. Setiap orang yang melihatnya harus ikut mencubit pipinya, mengilik kupingnya, dan menggelitik perutnya sampai ia wafat karena geli.


Advertisements

One thought on “Kita semua koruptor [gedabrusan]

  1. hukuman gelitik seperti itu pernah aku bayangkan…. koruptor kelas kakap dipetentengkan hingga ketiaknya terbuka, tiap pengunjung alun-alun boleh nggelitikin ketiak, lempeng, dan telapak kakinya sampai puas… dilakukan selama 6 jam sehari selama setahun….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s