Orang Bilang Ayah Teroris [hikayat]

Entah berapa kali saya tersungkur ketika membaca buku ini. Saya membeli buku ini sore hari, dan saya menamatkannya malam hari itu juga. Buat saya, buku catatan harian singkat ini jauh lebih memesona daripada novel-novel yang membanjir di toko-toko buku.

Saya membeli buku ini bukan hanya karena saya masih punya kekerabatan dengan Ali Ghufron dan Amrozi, tapi karena memang saya betul-betul terpesona oleh daya pikat tulisan Paridah Abas, istri Ali Ghufron.

Dari gaya tulisannya, siapa pun bisa menduga Paridah tentu bukan sembarang perempuan. Ia pastilah seorang perempuan yang cerdas dan kuat. Ia bahkan sanggup menjadi ibu (sekaligus ayah) dari enam orang anaknya di dalam kondisi yang sedemikian genting tanpa harus melanggar batas yang ia yakini kebenarannya: cadar dan mahram. Luar biasa!

Bagaimanapun saya tetap tidak sejalan dengan pemahaman jihad ala Amrozi dan Ali Ghufron. Tapi lepas dari perkara sepaham atau tak, saya menganggap buku ini sangat layak dibaca oleh siapa jua. Tak hanya para ibu, tapi juga para pencari makna hidup.

Di sini Paridah tak hanya bertutur tentang pengalamannya dipautsangkutkan dengan kasus pengeboman yang ia tak tahu apa-apa tentang itu. Dengan kelucuan diksi Melayu (campuran bahasa Indon dan Malaysia), Paridah juga berbagi pandangan tentang pendidikan anak, tentang makna cinta, tentang ketabahan hati, tentang keteguhan tekad. Tuturan Paridah bukan hanya bisa membangkitkan haru, tapi juga kadang menerbitkan senyum. Di satu paragraf, ia bisa menangis, seperti (kebanyakan) perempuan. Di alinea lain, ia bisa sangat marah, seperti (banyak) perempuan. Di bagian lain, ia juga juga bisa jenaka, seperti (sebagian kecil) perempuan.

Leave a Reply

