Sorry, Bekasi Baru Punya Taman Galaxi [jajan nusantara]

Ingredients:
Kalau soal tempat makan yang enak, Bekasi punya banyak. Tapi kalau soal kawasan jajan, Bekasi boleh dibilang belum punya. Kota penyanggah ini belum punya satu kawasan jajan yang menyediakan aneka masakan seramai pusat jajan Pecenongan atau sekomplet sentra makanan Kelapa Gading di Jakarta.

Kalaupun ada kawasan-kawasan jajan, biasanya tidak begitu besar. Pilihan jenis makanannya pun tidak sekomplet kawasan jajan di Jakarta. Sebut saja kawasan jajan di kompleks perumahan Taman Galaxi, kompleks perumahan Kemang Pratama, atau kawasan jajan malam di kompleks ruko Niaga Mas yang lokasinya dekat dengan pintu tol Bekasi timur.

Dari beberapa kawasan itu, pusat jajan di kompleks perumahan Taman Galaxi mungkin merupakan sentra yang paling komplet dibandingkan dengan yang lain. Kompleks perumahan ini terletak di bagian barat Bekasi. Bisa diakses dari jalan raya KH Noer Ali, melintasi sungai Kalimalang dan jalan layang tol Jakarta – Cikampek. Kawasan jajannya terletak persis di pintu masuk menuju kompleks perumahan, sepanjang jalan Taman Galaxi Raya.

Di kawasan ini terdapat puluhan penjual makanan. Sebagian berupa rumah makan yang buka pagi sampai malam, di sepanjang kiri kanan jalan. Sebagian lainnya berupa warung-warung tenda yang hanya buka pada malam hari. Lokasinya menumpang di area parkir ruko.

Wisata jajannya sendiri sudah bisa dimulai sebelum sampai di pintu gerbang perumahan, alias masih di luar kompleks. Tepat di perempatan Superindo menuju kompleks Taman Galaxi, bisa dijumpai beberapa pedagang makanan kelas warung tenda yang buka malam hari.

Di sini penggemar masakan Jawa Timuran bisa mencoba tahu campur, tahu tek, atau lontong kikil di warung tenda Tahu Campur, di depan apotek Duta Agung, kompleks ruko Duta Plaza. Melewati sungai Kalimalang, penggemar daging burung bisa membungkus belibis goreng yang dijual dengan gerobak dorong, hanya malam hari, di sebelah kiri jalan, sebelum jembatan layang tol.

Sesudah jembatan layang, masih di luar kompleks perumahan, penggemar nasi uduk bisa mampir di rumah makan Daun Pisang Khas Kebon Kacang, yang lokasinya di sebelah kanan jalan.

Masih di luar kompleks perumahan, penggemar masakan Jawa Timur bisa menikmati pecel madiun dan rawon di depan toko Mirama Food Mart Kampoeng Jajan. Lokasi toko yang berarsitektur tradisonal Jawa ini tidak berada di jalan Taman Galaxi Raya, tapi di jalan Sedap Malam, dekat pintu gerbang perumahan. Menu pecel madiunnya cukup terkenal di kalangan penggemar pecel di kawasan itu. Sayangnya, hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu. Itu pun cuma buka pada jam 06.00 – 12.00 WIB.

Selain kondang dengan menu pecel madiun, Mirama juga dikenal sebagai penyedia aneka jenis oleh-oleh khas berbagai daerah di Nusantara. Di toko semi swalayan yang buka tiap hari, pukul 06.00 – 21.00 WIB ini pembeli bisa memperoleh aneka macam keripik, kerupuk, rengginang, apem pisang, lemper surabaya, bika ambon medan, dan berbagai jenis makanan tradisonal lainnya. Pilihannya lumayan lengkap.

Siang malam ramai
Begitu sampai di depan pintu gerbang perumahan, aroma pusat jajan langsung terasa. Di kanan kiri jalan banyak terdapat rumah makan. Pada malam hari, kawasan jajan ini menjadi semakin semarak dengan hadirnya banyak pedangang makanan kelas gerobak dorong dan warung tenda. Mereka berjualan di halaman depan pertokoan.

Di sini penggemar mi ayam bangka bisa mencoba Mi Ayam Bangka Iing. Warung tenda yang ramai ini hanya buka pada malam hari, lokasinya ada di bagian ujung kompleks ruko, di depan Indomart. Pilihan makanan jenis mi lainnya masih seabrek: Bakmi Tebet, Mi Galaxi 95, Mi Ayam Galaxi 86, Bakmi Semarangan, dan masih ada beberapa lagi.

Yang suka bakso bisa mencoba Bakso Babat Salatiga. Rumah makannya berada di deretan sebelah kanan jalan. Pilihan lainnya, Bakso Atom, Bakso & Bakwan Malang Arema, Bakso Kumis Kebayoran Baru, dan Mister Baso. Semua yang disebut ini adalah kelas rumah makan yang sudah punya nama di tempat lain.

Penggemar masakan khas Solo bisa memuaskan kangen di Pondok Sate Khas Solo Sopo Nyono 2. Rumah makan di sebelah kiri jalan ini menyediakan menu daging-dagingan seperti sate kambing, sate ayam, sate ati, sop, tongseng, dan gule. Yang berselera Betawi bisa mencoba sop kambing di warung tenda Bang Maman, yang letaknya di sebelah kanan jalan.

Penyuka masakan Menado bisa mengunjungi Rumah Makan Inga-inga, di sebelah kiri jalan. Yang gemar makan kerang, cumi, dan kepiting bisa masuk ke warung tenda Seafood Mas Gun, di sebelah kanan jalan, di seberang Rumah Makan Inga-inga. Sementara urang Sunda bisa memuaskan selera di Rumah Makan Sari Raos yang menyediakan nasi timbel komplet, letaknya di sebelah kanan jalan.

Yang suka pempek bisa mencoba Pempek Palembang Galaxi, sebelah kiri jalan, sebelah Fuji Film, tak jauh dari gerbang masuk. Penggemar mendoan pun bisa mendapatkan tempe berjaket di sini, yang dijual dengan mobil terbuka. Salah satunya Mendoan Asli Purwokerto – Banyumas. Untuk oleh-oleh pulang, penggemar martabak bisa mampir di Martabak Ronny, yang letaknya di sebelah kanan jalan.

Tak hanya masakan Indonesia, masakan ala Cina dan bahkan Jepang pun tersedia di kompleks ini. Tepat di ujung kompleks ruko, di depan Apotek Masnaga, terdapat warung tenda Japanese Food yang menyediakan menu macam chicken teriyaki dan chicken yakiniku.

Sebetulnya masih banyak daftar jenis makanan yang tersedia di kawasan ini. Masih ada soto betawi, soto ambengan, bubur ayam, sate madura, lumpia semarang, tekwan, sate padang, jagung bakar, es krim, es pisang hijau, roti panggang, dan masih banyak lagi. Untuk ukuran sebuah sentra jajan di Bekasi, pilihannya lumayan banyak.

Urusan parkir kendaraan tidak terlalu susah. Area parkir masih belum begitu padat. Tak perlu takut kehabisan uang tunai sebab meskipun tidak di pusat kota, di antara rumah-rumah makan tersedia ATM BCA, BNI, dan Bank Mandiri.

Seperti kebanyakan sentra jajan, tempat ini juga termasuk daerah jajahan pengamen meskipun jumlahnya tak banyak. Karena itu, penikmat jajan disarankan membawa uang recehan kalau tak ingin makan sambil bersungut-sungut.

Directions:
Sentra Jajan Taman Galaxi, Bekasi

Advertisements

9 thoughts on “Sorry, Bekasi Baru Punya Taman Galaxi [jajan nusantara]

  1. Ma’sutnya Mal Metropolitan dekat pintu tol Bekasi barat itu kan? Dari situ sudah dekat, tinggal jalan kaki. he he he… (kalau kuat). Sebelah mal kan ada perempatan besar. Tinggal belok kiri menyusuri jalan Kalimalang (sekarang namanya Jl. KH Noer Ali), persis mengikuti aliran sungai Kalimalang. Sesudah masjid Al-Azhar, ketemu perempatan Superindo, di kompleks perumahan Jakasampurna, belok kiri, melintasi sungai Kalimalang & jalan layang tol Jakarta Cikampek. Sampai. Tapi ogut sendiri tidak lewat situ karena ogut pakai sopir yang selalu nunggu di perempatan Met Mall pakai mobil carry merah 05A. Tinggal ngasih uang 3.500, langsung sampai.

  2. hi Mat…thanks udah drop by di mc ku…mo nanya dong gimana yah caranya mo bikin sub yg kayak model kamu ini. Aku mo bikin sub khusus Recipe..buat masukin resep2 masakan yg biasa aku masak gitu loh…thenkyu

  3. Hwadugh.. asyik banget tuh Toko Mirama..Coba dia punya cabang di Jakarta Selatan.. jadi akyu kalo mo beli es gak usah jauh2 ke sana..(tiap ke sana pasti ngeborong es, buat stok di kulkas)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s