Bemain Sambil Belajar di Jatim Park [wisata keluarga]

Jika Anda mengunjungi kota dingin Malang bersama anak-anak, jangan lupa mampir di Taman Belajar dan Rekreasi Jawa Timur (Jatim) Park yang lokasinya di kota Batu, Malang. Sesuai namanya, tempat ini memadukan konsep pendidikan dan wisata. Di sini anak-anak, mulai usia SD sampai SMP, bisa bermain sambil belajar. Dengan tiket terusan Rp 40.000,- per orang, pengunjung bisa menikmati semua wahana bermain dan belajar yang tersedia.

Wahana belajar dan bermain yang disediakan jumlahnya puluhan. Begitu melewati pintu masuk, pengunjung dibawa ke galeri etnik Nusantara. Di galeri ini, anak-anak bisa belajar tentang tradisi di berbagai suku di Indonesia. Hal-hal menarik tentang suku-suku di Nusantara dijelaskan di sini. Misalnya, mengapa di Minang, harta pusaka diwariskan kepada keponakan, bukan kepada anaknya.

Keluar dari galeri etnik Nusantara, pengunjung akan dibawa ke galeri belajar ilmu alam. Di sini anak-anak bisa belajar kimia, fisika, dan biologi dengan cara menyenangkan, yang mungkin tidak mereka dapatkan di sekolahan.

Di galeri biologi dan kimia, anak-anak bisa melihat peragaan reaksi-rekasi kimia, misalnya reaksi asam-basa, yang dikemas sebagai permainan. Di galeri fisika, mereka bisa belajar tentang fenomena gravitasi dari alat peraga bola logam yang terus menggelinding dengan gaya tarik bumi.

Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun bisa manggut-manggut setelah mendengarkan penjelasan pemandu yang ada di wahana belajar ini. Misalnya, bagaimana gelombang suara merambat di udara sehingga dua orang bisa bicara dengan berbisik pada jarak puluhan meter dengan menggunakan parabola suara. Juga bagaimana suara bisa bergema di kubah suara.

Dengan kompor matahari, anak-anak juga bisa membakar kayu hanya dengan menggunakan sinar matahari. Keluar dari tempat ini, anak-anak bisa jatuh cinta pada pelajaran ilmu alam.

Selesai dari galeri fisika, pengunjung dibawa ke taman agro. Meskipun kecil, taman ini berisi berbagai tanaman yang mungkin jarang kita lihat sosoknya seperti jambu sukun, belimbing demak, biba, cempedak, bisbul, kenari, nagasari, buni, rukem, dan macam-macam lagi.

Dari taman agro, selanjutnya pengunjung dibawa ke taman belajar sejarah. Di sini terdapat replika berbagai candi dan berbagai arca. Di sini, anak-anak bisa tahu apa itu Lingga Yoni, Ganesha, Shiwa, dan sebagianya.

Selanjutnya, di taman prasejarah, anak-anak juga bisa melihat berbagai fosil binatang purba seperti gajah purba dan mamut. Di insektarium, mereka juga bisa melihat berbagai serangga yang diawetkan, seperti kupu-kupu, kalajengkig, kumbang, dan sebagainya.

Di taman ikan, pengunjung seperti memasuki taman bawah laut. Di sini terdapat puluhan akuarium besar yang berisi berbagai ikan dan binatang laut. Masuk ke tempat ini seperti sedang menonton stasiun teve National Geographic. Di sini pengunjung bisa melihat nemo (ikan yang menjadi tokoh film kartun Finding Nemo), mimi dan mintuno, lobster, ikan piranha, ikan albino jengiskhan, hiu tawar, dan masih banyak lagi. Jika ingin menyaksikan berbagai jenis reptil dan burung, pengunjung bisa masuk ke taman reptil dan taman burung.

Selesai belajar, anak-anak bisa mencoba berbagai wahana permainan dan ketangkasan. Untuk menguji nyali, anak-anak beserta orangtuanya bisa masuk ke rumah hantu dan rumah misteri tiga dimensi. Jika ingin main balapan, mereka bisa mencoba arena gokart. Di luar itu masih ada belasan wahana permainan lagi seperti motor cilik, bumper car, spinning coaster, mini train, dan lain-lain.

Paling akhir, sebelum keluar, anak-anak balita bisa dibiarkan bermain kecipak-kecipuk di kolam renang. Sementara orangtua menungguinya sambil melihat kolam renang dengan latar belakang gunung Panderman.

Sebelum pulang, pengunjung bisa mengunjungi pasar hewan, pasar sayur dan buah, pasar tanaman hias, dan toko-toko suvenir yang berada di kompleks Jatim Park. (emshol)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s