Wisata Bahari di Tanjung Kodok [wisata keluarga]

Dulu tempat wisata ini lebih terkenal dengan sebutan Tanjung Kodok. Disebut demikian karena di tempat ini terdapat batu-batu besar yang yang bentuknya menyerupai kodok menghadap ke laut. Asal tahu saja, tempat ini setiap tahun digunakan sebagai tempat peneropongan bulan untuk menentukan awal puasa dan Hari Raya Idul Fitri.

Sejak tahun 2005, tempat ini disulap menjadi kawasan Wisata Bahari Lamongan (WBL). Konsepnya mirip dengan taman wisata buatan Jawa Timur Park di Batu, Malang, yang dibangun lebih dulu. Karena serupa, tempat wisata yang buka mulai pukul 08.30 – 17.00 WIB ini kadang disebut sebagai Jatim Park II.

Lokasinya berada di Jalan Raya Daendeles, Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Sekitar 70 km dari Surabaya, 34 km dari kota Tuban. Baik ditempuh dari timur (Surabaya) maupun dari barat (Tuban), sebelum sampai di tempat wisata ini, kita bisa melihat perahu-perahu nelayan yang ditambatkan di sepanjang jalur pantura (pantai utara).

Tempat wisata ini didesain sebagai tempat bermain, khusunya anak-anak. Dengan satu tiket terusan seharga Rp 40.000,- per orang, pengunjung bisa menikmati semua arena hiburan di WBL tanpa harus membayar lagi.

Paling awal, begitu masuk, pengunjung dibawa ke rumah kucing. Di sini akan-anak bisa melihat berbagai jenis kucing yang ada di dunia. Bukan hanya kucing-kucing lokal, tapi juga kucing-kucing yang berasal dari berbagai negara.

Keluar dari rumah kucing, pengunjung memasuki berbagai jenis arena katangkasan yang kebanyakan diperuntukkan buat anak-anak. Sebagian arena ketangkasan biasa dijumpai di plasa-plasa di kota, sebagian lainnya tidak.

Di kompleks wisata seluas 17 hektar ini, anak-anak bisa bermain sepuasnya di arena mobil listrik, space shuttle, taman tiruan bawah laut, arena gokart, bioskop tiga dimensi, rumah sakit hantu, rumah kaca, sarang bajak laut, taman air, kolam renang, dan masih banyak lagi. Karena saking banyaknya arena bermain, dibutuhkan waktu hampir seharian penuh jika semua wahana bermain dicoba satu demi satu.

Di sarang bajak laut dan rumah sakit hantu, orangtua bisa mengajak anak-anak untuk bermain-main menguji nyali. Di rumah kaca, pengunjung bisa bermain-main di dalam rumah labirin yang semua dindingnya terbuat dari kaca dengan pencahayaan remang-remang. Karena lorongnya dibuat seperti labirin, banyak pengunjung yang berputar-putar di dalamnya, tidak bisa menemukan pintu keluar.

Di taman air, pengunjung bisa bermain-main dengan dengan penyemprot air rahasia yang ada di mana-mana dan siap menyemprot pengunjung tanpa disadari. Keluar dari tempat ini, setiap pengunjung dijamin basah. Karena itu, ketika berangkat ke tempat ini sebaiknya pengunjung membawa baju ganti. Selain karena pasti basah di taman air, pakaian juga pasti basah oleh keringat. Maklum, udara di tempat ini terbilang panas karena memang lokasinya berada tepat di pantai.

Puas di arena bermain di darat, pengunjung dewasa juga bisa bermain kano di pantai. Bisa juga rombongan sekeluarga menyewa perahu motor untuk berkelana ke laut selama sekitar seperempat jam.

Selain menyediakan berbagai arena bemain, kawasan wisata ini juga menawarkan wisata alam Goa Maharani. Banyak yang mengatakan goa ini sebagai salah satu goa terindah di Indonesia. Kedua tempat wisata ini hanya dipisahkan oleh jalan raya.

Selesai berwisata, sebelum pulang, pengunjung bisa membeli oleh-oleh di pusat penjualan suvenir yang ada di dalam kompleks WBL. Selain itu pengunjung juga bisa mencoba minuman khas Paciran yaitu dawet siwalan dan makanan khas jumbrek. Penjualnya banyak bertebaran di sepanjang kiri kanan jalan dekat kompleks WBL. (emshol)

Advertisements

2 thoughts on “Wisata Bahari di Tanjung Kodok [wisata keluarga]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s