Petik Buah di Agrowisata Kusuma [wisata keluarga]

Kota Batu, Malang, sudah lama dikenal sebagai kota wisata. Berada di ketinggian sekitar 700 m dpl, kota yang berhawa dingin ini juga terkenal sebagai penghasil buah apel. Di Agrowisata Kusuma, Batu, apel dan wisata itu dipadukan dalam bentuk wisata kebun. Agrowisata ini letaknya di Jl. Abdul Gani Atas, Batu, tidak jauh dari Jawa Timur Park. <i>Hanya sepelemparan apel</i>. Lokasinya dikelilingi oleh Gunung Panderman, Gunung Banyak, dan Gunung Arjuna.

Di tempat yang udaranya sejuk ini, pengunjung bisa memetik buah langsung dari pohonnya di kebun. Harga tiket masuknya berkisar antara Rp 20.000 – 30.000,- per orang, sesuai dengan paket yang diambil.

Agrowisata yang buka setiap hari ini pada jam kerja ini menawarkan wisata petik beberapa macam buah antara lain: apel, jeruk, stroberi, kopi, dan jambu biji. Namun, dari beberapa jenis buah itu, yang selalu tersedia untuk dipetik sepanjang tahun adalah apel, utamanya apel manalagi. Yang lainnya tidak selalu tersedia, tergantung musim. Bulan Juni dan Juli merupakan waktu yang pas datang ke sini karena pada dua bulan itu, kebun kopi dan kebun jeruk siap dipanen.

Ada empat macam apel yang ditawarkan di sini yaitu apel manalagi (yang warna kulitnya hijau muda berbintik-bintik, manis, dan renyah), apel <i>rome beauty</i>, apel anna, dan apel wangling. Jeruk yang tersedia di sini tiga macam yatu jeruk jova, jeruk keprok punten, dan jeruk valencia.

Semua pengunjung yang datang ke sini, meskipun sendirian, akan ditemani oleh pemandu. Begitu datang, pengunjung akan mendapatkan <i>welcome drink</i> berupa sari apel.

Sebelum ke kebun, pengunjung akan diajak ke rumah kaca. Di sini terdapat berbagai macam tanaman hias yang bisa dibeli untuk dibawa pulang. Sebagian tanaman biasa ditemui di penjual tanaman hias di kota, sebagian lainnya tidak. Misalnya, buah pepino atau yang juga disebut buah melodi. Kalau penasaran apa itu buah pepino, datang saja ke sini.

Selesai dari kebun tanaman hias, pengunjung akan diajak turun ke kebun apel manalagi. Di sini, setiap pengunjung boleh memetik dua buah apel untuk nanti dimakan ketika sudah berada di luar kebun. Tidak perlu takut pestisida karena apael-apel di sini tidak disemprot dengan pestisida.

Di tahun-tahun pertama agrowisata ini dibuka, pengunjung boleh memetik dan makan buah apel sepuasnya. Tapi karena banyak pengunjung nakal yang memetik, menggigit, lalu membuang apel di kebun, maka sekarang pengunjung hanya diperbolehkan memetik dua buah saja. Jika ingin membawa pulang apel, sebaikanya datang hari Sabtu atau Minggu. Pada dua hari itu pengunjung boleh sekalian membeli apel yang baru dipetik.

Di kebun, pengunjung diajari cara memetik apel. Tangan kiri memegang tangkai batang, sementara tangan kanan memutar buah. Bukan dengan cara ditarik langsung dari tangkainya. Pengunjung juga diajari cara memilih buah yang manis. Karena pohon apel tidak terlalu tinggi, anak-anak pun bisa ikut memetik langsung dari pohon.

Dari kebun apel, pengunjung diajak ke Kedai Apel untuk minum jus apel atau jus jeruk dan makan siang berdasarkan paket yang diambil.

Jika mengambil paket komplet, pengunjung juga akan diajak ke kebun jeruk, stroberi, dan kopi. Di kebun ini, satu orang pengunjung boleh memetik dua buah jeruk dan empat buah stroberi.

Di kebun kopi, pengunjung akan diajari cara memilih dan memetik kopi kualitas terbaik. Yang warnanya merah, ukurannya sebesar kelereng dengan diameter sekitar 1,5 cm. Pengunjung juga boleh mencicipi buah kopi yang baru dipetik, sekadar untuk tahu rasa daging buah dan rasa bijinya sebelum diolah. Pada sore hari, jika beruntung, pengunjung mungkin bisa bertemu dengan ayam hutan atau musang yang sedang mencuri buah kopi.

Saat pulang, pengunjung bisa membeli produk-produk olahan Agroindustri Kusuma seperti sari apel, sari stroberi, cuka apel, jenang apel, sari jambu, kopi bubuk, dan produk-produk lainnya. (emshol)

Advertisements

2 thoughts on “Petik Buah di Agrowisata Kusuma [wisata keluarga]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s