Brownies Panggang Prima Rasa Rasanya Prima [jajan bandung]

Begitu masuk kota Bandung, kita akan menjumpai begitu banyak pedagang kaki lima yang menjajakan kue borwines. Sedemikian banyaknya, para penjual kue itu seolah-olah sedang memberi peringatan, “Jangan meninggalkan kota Bandung tanpa membawa borwnies untuk keluarga di rumah!”

Brownies memang bukan makanan khas Bandung. Tapi banyaknya penjual brownies seolah-olah menguatkan kesan Bandung adalah kota brownies. Tak afdol rasanya jika kita meninggalkan kota ini tanpa membawa oleh-oleh kue berbahan dasar cokelat itu. Kue ini cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karena bisa tahan sampai beberapa hari.

Di Bandung, ada dua jenis bownies yang terkenal, yaitu borwnies panggang dan brownies kukus. Ada banyak pilihan toko penganan yang menjual kue ini. Tapi kalau kita mencari brownies panggang, maka tak berlebihan jika kita sebaiknya mampir ke toko kue Prima Rasa. Toko ini merupakan pelopor sekaligus spesialis brownies panggang.

Di kota Bandung, toko yang buka sejak tahun 1984 ini sekarang buka di empat tempat. Pusatnya ada di Jalan Kemuning No. 20. Semua cabang buka tiap hari mulai pukul depalan pagi sampai delapan malam. Dibandingkan tiga cabangnya, tempat ini paling komplet dalam hal pilihan kue. Jumlahnya ratusan. Di sini tersedia aneka pilihan brownies. Sebut saja beberapa contohnya: brownies cokelat (Rp26.000,-), brownies chips (Rp29.500,-), brownies raisin (Rp27.500,-), brownies moka (Rp27.500,-), brownies keju (Rp29.500,-), brownies tiramisu (Rp29.500,-), dan masih bebrapa lagi.

Selain kue andalan brownies, di sini juga tersedia kue-kue lain yang banyak dicari pembeli, seperti lapis pilipina cokelat (sejenis bolu-boluan, harga Rp38.500,-), aneka molen, <i>sponge cake</i> (berbahan ketan hitam, harga Rp28.500,-), <i>amareto cake</i>, dan masih banyak lagi. Molen di tempat ini pun tersedia dalam aneka pilihan, mulai dari molen pisang (Rp17.000,-), molen apel (Rp18.000,-), molen kacang hijau (Rp17.000,-), molen durian (Rp.20.000,-), molen tape (Rp17.000,-), molen nanas (Rp17.000,-), molen nangka (Rp17.000,-), dan sebagainya.

Kalau mau penganan tradisional, di sini pun tersedia berbagai jenis pilihan yang jumlahnya tidak kalah banyak. Ada clorot (kue basah dari tepung terigu yang dibungkus dengan janur), juga awug (kue dari tepung beras yang dimakan dengan parutan kelapa dan gula merah cair). Jajanan pasar pun tersedia dalam jumlah tak kalah banyak. Pilihannya puluhan. “Tapi jajajan pasar ini hanya titipan. Bukan bikininan sendiri,” kata Gunawan, pemilik toko Prima Rasa cabang Jalan Buah Batu.

Selain itu, tersedia juga kue-kue khas daerah lain, seperti lempok (penganan khas Lampung, berupa jenang durian yang bentuknya seperti gagang telepon), dendeng balado khas Padang, bandeng bakar dari Banten, dan masih banyak lagi.

Harga sangat bervariasi. Jajajan pasar kisarannya mulai dari beberapa ratus sampai beberapa ribu rupiah. Brownies sekitar 20-an ribu rupiah. Elsie, pengelola toko Prima Rasa di Jalan Kemuning, mengakui harga brownies Prima Rasa sedikit mahal karena cokelat yang digunakan adalah cokelat murni, tak pakai campuran.

Wajar saja mahal karena cita rasa brownies Prima Rasa memang benar-benar prima. Empuk, manisnya tidak terlalu legit, cokelatnya benar-benar terasa. (emshol)

Alamat toko kue Prima Rasa:

1. Jln. Kemuning No. 20

2. Jln. Buah Batu No. 169

3. Ruko Kopo Plaza Blok C-6, Jln. Peta/Lingkar Selatan Bandung

4. Jln. Purawakarta No. 95, Antapani

Advertisements

3 thoughts on “Brownies Panggang Prima Rasa Rasanya Prima [jajan bandung]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s