Gepuk Ny. Yong Gurih dan Empuk [jajan bandung]

Jika Anda penggemar empal, sebaiknya jangan meninggalkan Bandung sebelum mampir ke toko gepuk Ny. Yong. Yang belum tahu apa itu gepuk, tak perlu heran: <i>nyari</i> empal kok ke toko gepuk. Ya, gepuk dan empal itu setali tiga uang. Sama saja.

Di toko yang dirintis Ny. Yong tahun 1984 ini, gepuk bisa dinikmati sebagai lauk makan siang di tempat, bisa juga dijadikan sebagai buah tangan. Jika digambarkan dengan dua kata sifat, gepuk Ny. Yong memenuhi syarat sebagai empal yang enak: gurih dan empuk.

Gepuk memang tidak berbeda dari empal, tapi Gepuk Ny. Yong tak bisa disamakan dengan kebanyakan empal yang kita kenal. Bahan yang dipakai tetap sama, yaitu daging paha sapi bagian belakang. Tidak yang lain. Itu pun tidak semua bagian dipakai. Hanya bagian yang serat dagingnya panjang-panjang, serabutnya teratur, dan tidak gampang hancur. “Kami selalu pakai daging sapi lokal yang <i>fresh</i>, bukan daging yang disimpan di <i>freezer</i>,” jamin Wenny, anak Ny. Yong yang mengelola toko Gepuk Ny. Yong III di Jalan Setiabudi.

Daging ini dipotong-potong membentuk empat persegi panjang. Arah persegi melintang terhadap arah serat daging. Arah serat horizontal, arah perseginya vertikal. Ukurannya seragam. Panjang 12 cm, lebar 4 cm, tebal 1 cm.

Sebelum dimasak, gepuk ini digebukin dulu, dipukul-pukul sampai serabut seratnya kelihatan. Tujuannya untuk membuat empal lebih empuk, supaya bumbu bisa meresap hingga ke bagian paling dalam. Setelah digebuk-gebuk, gepuk itu ditusuk dengan lidi, arahnya melintang terhadap arah serabut serat.

Selanjutnya empal itu direbus dalam dua tahap. Tahap pertama untuk membuat gepuk empuk. Setelah itu direbus lagi bersama bumbu sampai bumbu benar-benar meresap ke dalam daging. Bumbunya terdiri dari bawang putih, bawang merah, kemiri, garam, ketumbar, dan santan. Hasil akhirnya berupa gepuk setengah matang yang siap digoreng. Tak tanggung-tanggung, proses penyiapan gepuk sampai siap goreng ini membutuhkan waktu hingga tujuh jam.

Jika ada pembeli, barulah gepuk ini digoreng. Di toko, pengunjung kebanyakan membeli gepuk untuk dibawa pulang. Satu buah gepuk harganya Rp6.500,-. Tersedia dua pilihan kemasan, yaitu kotak karton berisi lima potong (Rp32.500,-), dan kotak karton berisi 10 potong gepuk (Rp65.000,-).

Di toko yang buka tiap hari pukul 09.00 pagi sampai 15.00 sore ini, pengunjung juga bisa membeli remahannya, sisa penggorengan yang berupa serat-serat empal. Remahan ini dijual dalam kemasan kotak plastik seharga Rp10.000,- per kemasan.

Kita juga bisa membeli gepuk siap goreng maupun gepuk yang sudah digoreng tapi setengah matang. Jika dibeli dalam keadaan matang (sudah digoreng), gepuk hanya tahan segar sampai tiga hari. Gepuk matang tidak disarankan untuk digoreng lagi karena akan mengurangi keempukan dan citarasanya. Jika dingin, empal hanya boleh <i>diangetin</i>, misalnya dengan cara dikukus atau dipanaskan di <i>microwave</i>. Jika kita lebih suka hangat penggorengan, sebaiknya kita membeli gepuk dalam keadaan setengah matang. Di rumah, gepuk setengah matang ini hanya perlu digoreng sebentar.

Jika kita ingin masa simpan gepuk lebih lama, kita bisa membeli dalam keadaan belum digoreng. Di rumah, gepuk siap goreng ini bisa disimpan di dalam freezer sampai satu bulan. Saat digoreng, tak perlu ditambah bumbu apa-apa. Sudah lezat karena Gepuk Ny. Yong sudah berbumbu.

Baik dibeli dalam keadaan matang maupun siap goreng, gepuk Ny. Yong selalu disertai sambal goreng bajak. Sambal yang tidak terlalu pedas ini terbuat dari cabai, tomat, bawang merah, garam, gula, dan sedikit terasi. Gepuk dinikmati dengan cara dicocol-cocolkan ke dalam sambal. Selain bisa dibeli untuk dibawa pulang, Gepuk Ny. Yong juga bisa dinikmati di tempat sebagai lauk makan siang bersama nasi campur.

Pada umumnya, empal berwarna kecokelatan, kering, dan terkturnya liat. Tapi Gepuk Ny. Yong ini basah, empuk, warnanya juga lebih cerah, sekalipun sudah digoreng. Seratnya masih kelihatan dan terasa tapi sama sekali tidak liat. Inilah yang membedakan gepuk Ny. Yong dengan empal kebanyakan. (emshol)

Alamat toko Gepuk Ny. Yong:

1. Gepuk Ny. Yong I, Jln. Pasundan No. 15

2. Gepuk Ny. Yong II, Jln. Sawo No. 6

3. Gepuk Ny. Yong III, Jln. Setiabudi No. 144

4. Gepuk Ny. Yong IV, Jln. R.E. Martadinata No. 57

Advertisements

2 thoughts on “Gepuk Ny. Yong Gurih dan Empuk [jajan bandung]

  1. Aku pernah ketipu neh ama tulisan “empal” karena dikampungku empal itu ya yang ada kuahnya spt empal gentong khas cirebon. jadi pas hamil liat ada tulisan empal gw datengin dan dah ngiler eh yg di dpt sejenis gepuk…..asli jd ngiler beraaat heheehKalo Gepuk ny Ong banyak juga yah cabangnya di jakarta, saya liat di jalan arteri jak bar juga ada 😀

  2. di bandung, ada dua gepuk yang terkenal: ny. yong & ny. ong. ny ong baru buka tahun 2000-an. ny yong sudah jualan sejak 84. keduanya masih bersaudara. yang saya tulis ini ny yong. yang cabangnya di jakarta itu ny. ong. (nama tionghoa memang membingungkan) berdasarkan survei dari banyak orang, ny yong lebih enak daripada ny ong. sangat subjektif, memang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s