Sop Buah Cimandiri Pilihannya Komplet [jajan bandung]

Satu jenis makanan atau minuman bisa muncul dengan banyak nama. Lain daerah, lain sebutannya. Es buah contohnya. Biasanya minuman ini dinamai es buah atau es campur. Di Bandung, namanya sedikit aneh: sop buah. Dalam urusan makan-minum, sop identik dengan kuah sayur berbumbu untuk pendamping makan nasi. Di Bandung, ketentuan umum ini tidak berlaku. Mereka yang baru pertama tahu nama sop buah bisa terkecoh dan mungkin saja menggerutu setelah tahu isinya, “<i>Ealah</i>, ternyata es campur.”

Tapi jika kita mampir di kedai Sop Buah Cimandiri, dijamin kita tidak akan menggerutu. Meskipun sama saja dengan es buah biasa, Sop Buah Cimandiri punya kekhasan. Salah satunya, pilihan jenis buahnya komplet. Jumlahnya sekitar dua puluhan. Ada sawo, melon, mangga, stroberi, kelapa muda, jambu, lengkeng, apel, pir, nanas, jeruk bali, rambutan, durian, markisa, leci, dan masih banyak lagi.

Saat memesan, kita boleh memilih sendiri jenis buah yang kita inginkan. Harganya sama, kecuali untuk durian. Yang tak suka melon, boleh minta minta sop buahnya tanpa melon. Yang gemar leci, bisa minta lecinya diperbanyak. Pilihan buah yang jumlahnya dua puluhan ini tergantung musim. Jika sedang tidak musim, kemungkinan besar buah itu tidak tersedia di sini.

Karena tergantung musim, pilihan jenis buahnya bisa berbeda-beda tiap bulan. Meski begitu, buah-buah musiman tertentu hampir selalu tersedia di sini. Misalnya, durian. Meskipun tidak sedang musimnya, buah beraroma menyengat ini hampir selalu tersedia karena memang durian menjadi salah satu menu andalan.

Kedai sop buah ini letaknya berada di Jalan Cimandiri, persis di belakang Gedung Sate, di seberang Fakultas Ekonomi, Universitas Padjadjaran. Kebanyakan pelanggannya mahasiswa. Di Bandung, kedai sop buah yang usianya sudah 20-an tahun ini hanya buka di satu tempat. Tak ada cabang selain yang di belakang Gedung Sate ini. Cabangnya ada di luar Bandung, yakni di Garut, Bogor, dan Jakarta. Kedai ini buka tiap hari mulai pukul sebelas siang, tutup pukul tujuh malam. Pada hari Sabtu atau Minggu, buka lebih awal, pukul delapan pagi.

Kedainya bukan berupa warung tetap tapi berupa “warung berjalan”. Sop buah dijual menggunakan mobil boks. Tidak ada papan nama. Kedai ini disebut Sop Buah Cimandiri karena memang jualannya di Jalan Cimandiri.

Di sini juga tak ada meja. Pembeli menikmati es dengan duduk di atas kursi plastik, di sekitar trotoar jalan, di bawah rindang pohon-pohon akasia. Yang tidak kebagian kursi, harus mau duduk di trotoar atau di atas sepeda motornya. Meskipun tanpa tenda, tempatnya cukup rindang karena di belakang Gedung Sate masih banyak pohon-pohon besar berusia tua.

Meski tempatnya tidak meyakinkan, kedai sop buah ini selalu ramai pembeli. Di dalam boks mobil, tiga orang sibuk mencampur irisan anek macam buah di dalam mangkuk-mangkuk. Sekalipun sedang ramai pembeli, pelayanannya cepat. Pembeli tak perlu berlama-lama menelan ludah.

Di sini semua buah disajikan dalam keadaan irisan segar. Ini juga menjadi ciri khas Sop Buah Cimandiri. Saat berangkat dari rumah, mobil boks hanya membawa bekal buah secukupnya. Buah-buah itu dikuliti dan diiris-iris di tempat. Jika stok buah habis, salah seorang awak penjual akan segera kulak buah lagi dari dari Pasar Caringin. Pasokan buah tak perlu dikhawatirkan karena pasar ini buka 24 jam nonstop.

Di sini tersedia tiga menu: sop buah standar (Rp5.000,-), sop buah plus durian (Rp7.000,-), dan durian spesial (isinya durian saja, Rp10.000,-). Aneka buah ini dihidangkan dengan tambahan jeli, sirup gula, susu, dan tentu saja es batu. Tidak mengandung santan. Rasa segarnya paling enak dinikmati siang-siang, apalagi setelah stres karena bolak-balik dibuat bingung oleh jalan searah. Rasa manisnya cukup kuat. Cocok buat mereka yang memang suka yang manis. Yang tak suka terlalu manis bisa minta sirup gulanya sedikit saja supaya rasa manisnya tidak menutupi rasa segarnya.

Setelah mencoba sop buah di belakang Gedung Sate ini, kita baru bisa mafhum bahwa es buah, es campur, dan sop buah bukan hanya perkara nama. Sop Buah Cimandiri memang beda. (emshol)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s