Nikmatnya Es Kelapa “Busuk” [jajan jogja]


Nikmatnya Es Kelapa “Busuk”

Jika Anda sedang dalam perjalanan ke daerah Bantul atau selatan Yogyakarta, tak ada ruginya Anda mampir ke rumah makan Giri Tirto di Jln. Bantul km 7, Sabapang, Pendowoharjo, Sewon, Bantul. Dari arah Yogya, rumah makan ini berada di sebelah kiri jalan. Kedai ini punya menu andalan yang bisa menjadi penghilang dahaga selama perjalanan, yaitu es kelapa kopyor.

Rumah makan ini sebetulnya juga menyediakan menu soto. Sotonya ala Yogya, memakai daging sapi, tidak bersantan. Tapi yang lebih kondang dari warung ini bukan sotonya, melainkan es kopyor. Ini menu utama. Soto adalah menu sampingan. Kalau ternyata begitu sampai di warung ini Anda juga lapar, semangkuk sotonya tidak akan membuat Anda menyesal.

Bahan utama es ini adalah kelapa kopyor yang disuplai dari Pasar Beringharjo, Yogyakarta. Bahan tambahan lainnya sama saja dengan es kopyor lain, yaitu gula dan santan kelapa. Tersedia dua pilihan sirup gula: gula jawa dan gula putih. Air kelapa kopyor yang dipakai di sini sama sekali tidak dicampur dengan air matang. Seratus persen air kopyor.

Dalam hal rasa segar, es kopyor ini mungkin tidak berbeda jauh dengan es degan. Tapi karena ini es kopyor, kita tidak hanya menikmati kesegarannya tapi juga citarasa kopyornya. Ini yang penting.

Rasa es kopyor sangat ditentukan oleh “kekopyoran” kelapa yang dipakai. Sekadar untuk diketahui, kelapa kopyor berasal dari pohon kelapa biasa. Kekopyoran kelapa ditentukan oleh sifat bawaan pohonnya. Tidak semua pohon kelapa menghasilkan buah kopyor. Buah ini hanya dihasilkan pohon kelapa tertentu. Itu pun jumlah yang kopyor tidak banyak. “Saya juga tidak tahu kenapa bisa begitu,” kata Danang Wiyata, pemilik kedai yang sudah buka sejak tahun 1975 ini.

Kelapa kopyor bisa dibedakan dari buah kelapa yang normal dengan cara dikocok-kocok—yang dalam bahasa Danang, “diocak-ocak”. Tukang kelapa yang terlatih bisa membedakan bunyinya. Perbedaan bunyi saat dikocok ini timbul karena daging kopyor lebih lembut dan mudah hancur. Sedangkan daging kelapa normal lebih keras dan melekat kuat di tempurungnya.

Biasanya, kalau sebuah pohon kelapa pernah menghasilkan kopyor, maka selanjutnya pohon itu akan terus menghasilkan kelapa kopyor. Tapi jumlahnya tidak banyak. Perbandingannya, satu kelapa kopyor di antara sekitar 10 – 20 buah kelapa normal.

Bagian daging kelapa kopyor seperti mengalami pembusukan. Ini yang menyebabkan citarasanya berbeda dengan degan atau kelapa biasa. Kopyor punya citarasa “busuk” yang enak, seperti mengalami fermentasi. Inilah yang ditawarkan rumah makan Giri Tirto. Rasa esnya kopyor tulen.

Memangnya ada kopyor yang tidak tulen? Ada.

Kemungkinan pertama, tingkat kekopyoran kelapa yang dipakai tidak benar-benar kopyor. Kemungkinan kedua, kopyor yang dipakai adalah kopyor sintetis. Kopyor imitasi ini mirip agar-agar. Teksturnya persis seperti daging kelapa kopyor tapi rasanya hambar. Beda dengan kopyor yang punya citarasa busuk.

Karena rasanya lebih enak, harga kelapa kopyor juga lebih mahal daripada kelapa biasa. Sekitar enam kali lipat. Kalau harga kelapa biasa hanya Rp2.500,- per buah, harga kopyor bisa mencapai Rp16.000,- per buah. Karena harga buahnya mahal, otomatis harga esnya pun lebih mahal. Di warung Giri Tirto, satu gelas besar es kopyor harganya Rp5.000,-. Satu buah kelapa kopyor biasanya bisa dipakai untuk membuat 10 gelas.

Sebetulnya air kelapa kopyor pun sudah manis. Tapi di sini, es masih ditambah dengan sirup gula jawa atau gula pasir.

Karena rumah makan ini memang spesialis di bidang perkopyoran, banyak pembeli yang mampir ke sini hanya untuk memesan es kopyor. Tidak memesan soto.

Es kopyor tidak hanya enak dinikmati siang-siang saat kita kehausan. Es ini juga enak dinikmati selama warung buka, pukul 08.00 – 16.00. Konon, kelapa kopyor juga diyakini bisa menyembuhkan panas dalam. Jadi, kalau Anda merasa kehausan ditambah panas dalam, rasanya Anda <i>harus kudu wajib</i> mampir ke sini. (emshol)

Es Kelapa Kopyor Giri Tirto

Jln. Bantul km 7, Sabapang, Pendowoharjo, Sewon, Bantul

Buka tiap hari pukul 08.00 – 16.00

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s