Bakpia Kurniasari, Krispi dan Tahan Lama [jajan jogja]

Kebanyakan bakpia yogya kulitnya empuk. Saat digigit, isinya cenderung lengket di gigi. Tapi tidak semua bakpia Yogya seperti itu. Kurniasari contohnya. Bakpia ini tampil dengan ciri khas kulit luar yang krispi. Saat digigit, kulitnya terasa kering dan renyah. Isinya banyak dan tidak lengket di gigi. Secara keseluruhan, rasanya boleh diadu dengan bakpia lain.

“Bahannya sih sama saja dengan bakpia lain,” kata Riyanto, pemilik Bakpia Kurniasari. Kulit bakpia terbuat dari adonan mentega, terigu, dan minyak goreng. Yang membedakan hanya komposisinya, terutama di bagian kulit terluar yang langsung bersinggungan dengan permukaan oven saat dipanaskan.

Pada Bakpia Kurniasari, lapisan kulit terluarnya lebih tebal daripada kebanyakan bakpia. Ketika dioven, lapisan luar ini membentuk kulit yang kering dan cukup tebal sehingga teksturnya krispi. Selain itu, kulit terluar yang tebal dan krispi juga membuat bakpia ini lebih tahan lama. Bisa disimpan sampai satu minggu tanpa kehilangan sifat krispinya.

Tersedia beberapa pilihan rasa isi. Ada isi standar kacang hijau, kumbu hitam (kacang tunggak), keju, dan cokelat. Semua bakpia yang dijual di toko selalu dibuat baru, <i>fresh from the oven</i>. Proses produksinya dilakukan di ruangan di sebelah toko. Setiap hari, pekerja Bakpia Kurniasari yang jumlah totalnya 15 orang menyiapkan adonan, menggiling kacang hijau, memanggang, dan membungkus bakpia hingga siap dijual. Karena tempat produksinya berdampingan dengan toko, bau harum bakpia hangat bisa tercium sampai di dalam toko. Sedap sekali.

Bakpia Kurniasari dijual dalam kemasan kotak karton ukuran kecil dan besar. Kotak kecil berisi 15 biji, harganya Rp16.500,-. Kemasan besar berisi 20 buah, harganya Rp22.000,-.

Riyanto sudah mulai berjaualan bakpia sejak 1985. Tapi pada masa itu, bakpianya tidak begitu dikenal. Kurniasari mulai populer baru sejak awal 2000-an. Popularitasnya menular <i>tutur-tinular</i> di kalangan pelancong. Sejak saat itulah, mulai banyak pengunjung dari luar Yogya yang mencari bakpianya.

Bakpia Kurniasari

Jln. Glagah Sari No. 112, Umbulharjo, Yogyakarta

Telp. 0274 – 380502

Buka setiap hari pukul 08.00 – 21.00

Sambil bertamasya ke Yogya., jangan lewatkan wisata kulinernya. Nikmati pengalaman sehari menjadi “sultan” di restoran-restoran yang menyajikan masakan khas keraton. Silakan cicipi nasi blawong, prawan kenes, bebek suwar-suwir, bir jawa, wedang secang, dan masih banyak lagi.

Jangan lewatkan juga masakan khas Yogya lainnya seperti gudeg, bakmi, soto yogya, sego abang, angkringan, sate jeruji sepeda, sate-sayur tempe, brongkos, sego sambel, mangut welut, mangut lele, gule balung, tahu kupat, rujak es krim, Jamu Ginggang yang menyegarkan, dan masih banyak lagi. Semua dibahas komplet di buku ini. Mulai dari kelas restoran sampai warung kaki lima. Ketegori hanya dua: enak dan enak <i>tenan</i>.

Sebelum pulang, pastikan Anda membeli oleh-oleh khas Yogya. Tak harus selalu bakpia, sebab masih ada kipo, ratengan, semar mendem, jadah manten, peyek tumpuk, geplak, getuk, salak pondoh, cerutu yogya, dan aneka jajanan pasar lainnya. Semua tempat dibahas lengkap dengan alamat, nomor telepon, dan peta lokasi.

———————————————————————-
Dapatkan buku karya pemilik blog ini, BUKU OBAT SEHARI-HARI,

terbitan Elex Media Komputindo, di Gramedia dan toko-toko buku.

Buku Obat Sehari-Hari

Advertisements

2 thoughts on “Bakpia Kurniasari, Krispi dan Tahan Lama [jajan jogja]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s