Perdarahan Hemofilia Kini Bisa Dicegah [infonesia]

Pada umumnya penanganan hemofilia (kesulitan pembekuan darah) lebih ditujukan pada tindakan terapi kuratif setelah terjadi perdarahan. Terapi jenis ini menggunakan infus produk untuk menggantikan faktor pembekuan darah, diberikan begitu pasien mengalami perdarahan.

Kini, para penderita hemofilia A punya kabar gembira. Penatalaksanaan bisa dilakukan tidak hanya lewat tindakan kuratif, tapi juga preventif. Perdarahan bisa dicegah dengan pemberian infus faktor VIII. “Faktor ini tidak hanya dapat menghentikan perdarahan tapi juga efektif dalam mencegah perdarahan,” kata Prof. dr. Djajadiman Gatot, Sp.A (K) dalam acara edukasi hemofilia yang diselenggarakan oleh Bayer Indonesia.

Pada umumnya faktor pembekuan diisolasi dari darah manusia. Teknik ini punya kelemahan karena berisiko menularkan penyakit. Tapi, dengan <i>recombinant antihemophilic factor VIII</i>, risiko penularan ini tidak perlu dikhawatirkan karena produk ini berasal dari pengembangan DNA. Bukan diisolasi dari darah manusia. Di samping itu, risiko penolakan juga relatif rendah sehingga meminimalkan komplikasi.

Sayangnya, produk ini harus dipakai terus oleh penderita karena memang sifat kerjanya yang preventif. Pemakaian yang terus-menerus ini tentu berkaitan langsung dengan biaya perawatan yang harus dikeluarkan oleh pasien. (Emshol)

Advertisements

2 thoughts on “Perdarahan Hemofilia Kini Bisa Dicegah [infonesia]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s