Makan Enak dan (tapi) Murah di Solo-Semarang

Dalam urusan warung makan, murah dan enak adalah dua kata sifat yang biasanya berada di dua tempat yang berbeda. Kita menyebutnya dengan ungkapan, “Ada harga, ada rasa.” Tapi di Solo dan Semarang, dua atribut ini banyak kita jumpai sekaligus di satu warung. Harganya sangat murah, tapi rasanya sangat lezat.

Di dua kota ini kita bisa menjumpai banyak sekali rumah makan legendaris yang sudah berusia puluhan tahun dan tetap punya banyak pelanggan setia sampai hari ini. Di Solo, ada Timlo Sastro, Soto Triwindu, Soto Sawah, Mi Toprak Yu Nani, Serabi Notosuman, Toko Roti Ganep, dan masih banyak lagi. Rumah-rumah makan ini sudah berusia puluhan tahun dan tetap laris sampai hari ini.

Begitu pula di Semarang dan sekitarnya. Di sini kita bisa menjumpai Toko Lumpia Gang Lombok, Nasi Ayam Bu Wido, Lontong Capgomeh Air Mancur, Toko Oen, dan banyak lagi. Warung-warung ini sudah berusia puluhan tahun dan masakannya tetap diburu pelanggan. Rahasia dapur boleh berbeda, tapi ada satu ciri yang bisa ditemukan di semua warung itu, yaitu kesungguhan dalam menyajikan yang terbaik. Di semua warung itu, resep dijaga tetap otentik sesuai dengan resep pertama saat warung buka. Mutu bahan dan cara memasak pun tetap dipertahankan seperti cara yang dipakai puluhan tahun silam.

Hasilnya memang kelihatan. Meski kadang proses penyiapannya mengikuti falsafah Jawa “alon-alon waton kelakon”, masakan memang menjadi benar-benar lezat. Kalau ada yang bilang tidak lezat, mungkin mulutnya sedang seriawan 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Makan Enak dan (tapi) Murah di Solo-Semarang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s