Kehilangan [jeda]

Setiap orang tentu sering mengalami episode kehilangan dalam dalam hidup, termasuk saya. Mulai dari kehilangan sesuatu yang remeh sampai yang sangat berharga. Tapi ada satu episode kehilangan yang tak pernah saya lupakan sampai sekarang.

Saya pernah kehilangan sepasang sepatu ketika sedang salat di sebuah mesjid. Bukan sepatu yang sangat mahal. Tapi saya membeli sepatu itu dengan perjuangan. Membayarnya pun dengan cara mencicilnya beberapa kali.

Saya sempat jengkel bukan main. Kebetulan hari itu saya telah beberapa kali mengalami nasib sial. Di dalam kejengkelan itu, saya sempat berdoa (lebih tepatnya berharap) agar si pencuri sadar lalu mengembalikan sepatu saya dan minta maaf. Saya sering mendengar cerita tentang orang-orang “pintar” yang bisa membuat pencuri menjadi linglung dan mengembalikan barang curian kepada pemiliknya. Siapa tahu doa saya juga terkabul.

Namun, selesai berdoa, tiba-tiba saya merasa begitu bodoh karena telah melakukan sebuah kekonyolan. Saya merasa itu adalah doa yang kekanak-kanakan. Saya membayangkan saya baru saja kehilangan seseorang yang saya cintai lalu saya berdoa agar Tuhan menghidupkan dia lagi.

Seolah-olah si pencuri sepatu itu baru saja memberi saya nasihat bahwa setiap saat dalam hidup saya harus siap dengan kehilangan. Ini bukan perkara pencurian tapi perkara kehilangan dalam segala bentuknya. Ini juga bukan perkara sepatu tapi perkara kepemilikan dengan segala bentuknya.

Memiliki dan kehilangan adalah pasangan sejati di alam semesta. Seperti halnya hidup dan mati. Semua yang berawal dari memiliki pasti akan berakhir dengan kehilangan. Logikanya sederhana saja, hari ini mungkin yang hilang hanya sepasang sepatu. Mungkin saja besok saya akan kehilangan sesuatu yang lebih besar, dan saya harus selalu siap dengan kemungkinan itu.

Ajaib sekali, setelah mendapat “nasihat” dari pencuri itu, saya merasa sangat lega. Saya bahkan senang sekali telah kehilangan sepatu itu. (emshol)

4 thoughts on “Kehilangan [jeda]

Leave a Reply

