.

Aku selalu terpesona dengan kematian. Dalam urusan hidup dan mati, aku selalu ragu kapan aku perlu atau tidak perlu mengucap alhamdu lillah. Bagiku, hidup dan mati sama-sama perlu disyukuri dengan alhamdu lillah. Karena setiap helai daun yang gugur ke bumi adalah segala puji bagi Allah.

Kebaikan dan keburukan di masa depan, apakah bisa kita bedakan sekarang?

Itu sebabnya ketika aku mendengar berita kematianmu yang sungguh tak terduga, di usiamu yang masih begitu muda, aku hanya bisa berucap…ya kita milik Allah dan kita pasti kembali kepada-Nya. Kita benar-benar tidak tahu kapan kita akan mati, di mana, dan bagaimana caranya.

Bila waktu t’lah memanggil…

Aku masih ingat dulu ketika kau minta doa kepadaku ketika kau akan menikah, lalu aku mengirimimu sebuah puisi. Kurasa itu adalah puisi pesanan yang paling indah yang pernah kubuat. Lalu tiba-tiba suatu hari, dengan nama yang tidak kukenali, kau menghampiriku di halaman fesbuk milikku yang belum jadi. Kau perlihatkan kepadaku foto anakmu. Cantik seperti ibunya, kau bilang. Aku sekarang menjadi ibu rumah tangga, katamu lagi. Aku kagum dengan pilihan hidupmu.

Adakah cinta yang lebih tulus daripada cinta seorang ibu?

Dan tadi siang aku melihat wajah cantik itu. Wajah anak surga yang masih belum paham makna kematian seorang ibu. Mungkin ia hanya akan mengingat hari ini ketika rumahnya menjadi ramai, dan orang-orang datang memeluknya sambil menangis. Tiba-tiba aku merasa sepertinya kematian kini semakin sering menghampiri orang-orang yang kukenal. Kulihat tanggal lahir di nisanmu. Ah, mestinya aku yang lebih dulu berangkat ke sana.

Adakah yang lebih pantas kita mohon kecuali rahmat Allah?

Allahummaghfirlaha warhamha wa’afiha wa’fu ‘anha

———————————————————————-
Dapatkan buku karya pemilik blog ini, BUKU OBAT SEHARI-HARI,

terbitan Elex Media Komputindo, di Gramedia dan toko-toko buku.

Buku Obat Sehari-Hari

Advertisements

5 thoughts on “.

  1. bener….kematian adlaha sesuaatu yang paling dekat dengan kehidupan, karena kemaian bisa datang kpan saja tanpa kita tahu. Tapi justru itu membuat manusia harus tetap berkarya dan berbagi, karena kita tidak tahu sampai kapan kita bisa memebri manfat bagi kehidupan sekitar kita:-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s