TIPS SEHAT: Ngemil Tanpa Merusak Gigi

  • Jika Anda suka ngemil, sebaiknya batasi cemilan yang mengandung terlalu banyak karbohidrat, terutama gula. Jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman berkadar gula tinggi, seperti sirup atau soft drink. Karbohidrat merupakan makanan kegemaran bakteri di gigi. Oleh bakteri, karbohidrat akan diuraikan menjadi asam kemudian menjadi plak. Dibandingkan jenis makanan lain, karbohidrat adalah penyumbang plak gigi paling besar.
  • Kurangi cemilan yang lama menempel di gigi. Makin lama sisa makanan menempel di gigi, makin besar peluang sisa makanan itu menjadi plak. Sebagai gantinya, pilihlah cemilan yang tidak terlalu manis dan tinggi serat, misalnya buah atau sayur utuh (yang belum dijus). Serat dan air dari buah akan berfungsi sekaligus membersihkan gigi. Selain lebih sehat buat gigi, cemilan jenis ini juga lebih bersahabat bagi kita yang kelebihan berat badan karena lebih rendah kalorinya.
  • Sebaiknya jangan langsung menyikat gigi persis setelah kita mengonsumsi makanan atau minuman yang asam, misalnya buah mangga muda, kedondong, jeruk, atau makanan yang mengandung banyak cuka. Makanan atau minuman yang asam akan menyebabkan lapisan luar gigi menjadi mudah terkikis. Jika kita menyikat gigi pada saat efek makanan asam ini masih belum hilang, lapisan email gigi bisa terkikis. Selesai ngemil makanan yang asam, sebaiknya berkumur dulu dengan air putih. Kalau mau menyikat gigi, sebaiknya setelah sekitar satu jam setelah berkumur. Setelah lewat satu jam, efek asam yang membuat lapisan gigi mudah terkikis itu dianggap sudah berkurang dan gigi sudah siap digosok.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s