PENYAKIT: Mitos Tentang Rematik

  • Mandi malam akan menyebabkan rematik.

Fakta: Kepercayaan ini diduga mucul pada zaman kolonial Belanda. Di negeri subtropis seperti Belanda, larangan mandi malam memang bisa dipahami. Udara malam hari di sana memang sangat dingin dan kering, terutama di musim dingin. Pada musim itu, orang-orang jarang mandi. Tidak seetiap hari mereka mandi.

Kondisi di Indonesia sangat jauh berbeda. Di wilayah tropis, udara cenderung lembap dan panas. Karenanya badan mudah berkeringat, lembap, dan berminyak. Kalau kita berkeringat dan tidak mandi, bisa saja keringat itu akan mendatangkan masalah kulit.

Namun, kepercayaan ini tidak seratus persen salah. Air yang terlalu dingin memang bisa meningkatkan risiko nyeri pada orang yang sudah terkena rematik. Itu sebabnya mereka yang sudah terkena rematik tidak dianjurkan mandi sampai menyebabkan kedinginan. Tapi pada orang sehat, mandi malam bukan pantangan.

  • Rematik hanya menyerang lansia. Orang muda tidak mungkin terkena rematik.
    Fakta: Penyakit rematik tidak pandang usia. Lansia atau orang muda, laki-laki atau perempuan, semua bisa terkena penyakit ini. Memang, usia merupakan salah satu faktor risiko rematik. Kebanyakan rematik memang diderita lansia. Tapi itu tidak berarti orang muda pasti bebas dari rematik. Bahkan, anak-anak pun bisa terkena.
  • Orang yang terkena nyeri sendi tidak boleh makan jeroan, melinjo, dan sejenisnya. Fakta: Jeroan, melinjo, dkk memang termasuk makanan yang harus sangat dibatasi pada penderita asam urat. Namun, ini hanya berlalu jika masalahnya memang benar-benar asam urat. Kita tahu, rematik ada bermacam-macam. Asam urat hanya salah satunya. Jika masalah nyeri sendi bukan karena asam urat, maka makan makanan yang mengandung purin bukan termasuk pantangan.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s