E X T R A



Hidup yang monoton itu sungguh membosankan. Kita perlu jeda dengan melakukan sesuatu yang sama sekali berbeda dari biasanya. Sesuatu yang lebih menantang, yang ekstra.

Secara alamiah otak memang didesain untuk siap mempelajari hal-hal baru. Jika hanya dipakai untuk mengulang-ulang program yang sama sepanjang waktu, otak kita akan kehilangan sifat kreatif dan adaptif.

Kadang untuk memulai sesuatu yang baru, kita dihadapkan pada rasa takut. Di Intisari edisi ekstra ini kami sajikan tulisan-tulisan yang mudah-mudahan bisa memberi inspirasi berani agar ”hidup terasa lebih hidup”.

Jika kita sudah terlalu lama berkutat dengan pekerjaan rutin, sudah waktunya kita mengambil cuti untuk berlibur. Jika kita biasanya berwisata jalan-jalan ala agen travel, mungkin kita perlu mencoba jenis wisata baru yang lebih menantang. Safari ala backpacker, misalnya. Mengapa tidak?

Jika kita sudah terlalu lama bekerja sebagai pegawai hingga sampai pada titik bosan dan tidak bisa menikmatinya, kita mungkin perlu jeda. Jeda bisa berupa cuti panjang untuk mencoba hal baru. Bisa juga berupa ”cuti selamanya” alias pensiun dini lalu pindah haluan mencoba hal lain. Berwirausaha misalnya. Mengapa tidak?

Hidup menyediakan banyak pilihan. Semua pilihan memiliki konsekuensi enak dan tidak enak. Justru kalau terlalu lama berada di zona nyaman, hidup kita akan monoton. Kita akan kehilangan banyak kesempatan untuk merasakan hidup yang penuh cerita, penuh warna.

Seburuk apa pun kondisi kita, kita selalu punya pilihan. Bahkan ketika berhadapan dengan kemungkinan mati pun kita masih selalu bisa memilih jalan hidup.

M. Sholekhudin

Advertisements

3 thoughts on “E X T R A

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s