NUTRISI: Blewah

6 Alasan Mengonsumsi Blewah

Selain kurma, buah yang juga menjadi favorit pada bulan Puasa adalah blewah. Keduanya biasanya menjadi menu berbuka puasa. Bedanya, kurma biasanya dinikmati sebagai buah kering yang dimakan langsung, sementara blewah biasanya dinikmati dalam bentuk minuman sebagai es blewah.

Dalam ilmu tumbuhan, blewah termasuk satu keluarga dengan melon dan timun suri. Dalam tradisi puasa di masyarakat kita, buah-buah ini juga biasa dinikmati sebagai penghilang dahaga.

Setidaknya ada lima alasan yang membuat blewah merupakan pilihan tepat untuk hidangan bulan Puasa maupun Lebaran:

  • Blewah mengandung sedikit gula. Seperti kita tahu, rasa blewah tidak begitu manis. Dalam ilmu gizi, rasa yang kurang manis ini bisa menguntungkan, terutama buat orang gemuk atau yang menyandang diabetes. Buat kebanyakan orang, es blewah rasanya kurang mantap jika tidak ditambah gula. Apalagi jika es blewah itu menjadi bagian dari menu berbuka puasa. Sebagi minuman saat berbuka, es blewah yang diberi gula bisa memberi energi seketika buat kita setelah seharian berpuasa.

Namun, bagi orang yang menyandang diabetes atau yang berdiet kalori, tambahan gula di dalam es bisa menjadi masalah. Di sinilah letak kelebihan blewah. Buah ini hanya mengandung sedikit kalori. Meski tanpa tambahan gula, es blewah tetap terasa menyegarkan.

  • Blewah mengandung banyak serat. Seperti buah melon, kandungan utama blewah adalah air dan serat. Sayangnya, kita biasanya mengonsumsi blewah hanya dalam bentuk minuman es. Blewah biasanya diserut lalu ditambahkan ke dalam minuman. Dengan cara ini, biasanya satu gelas es hanya berisi sedikit serutan blewah. Kalau kita ingin merasakan manfaat blewah lebih banyak, kita bisa mengonsumsinya dalam bentuk buah iris.
  • Blewah mengandung banyak betakaroten, terutama blewah yang matang dan berwarna kuning. Betakaroten adalah bahan dasar vitamin A. Selain diperlukan untuk kesehatan mata, vitamin A juga berfungsi sebagai antioksidan yang menjaga keremajaan sel-sel tubuh.
  • Blewah mengandung vitamin B kompleks, seperti vitamin B-6, asam folat, dan niasin. Vitamin-vitamin ini diperlukan untuk metabolisme tubuh, termasuk mengolah gula menjadi energi.
  • Blewah mengandung kalium, seperti air kelapa. Selain rasanya yang menyegarkan, kandungan kalium di dalam blewah ini cocok diminum untuk mengembalikan cairan dan mineral kalium yang hilang selama berpuasa atau beraktivitas.
  • Blewah mengandung vitamin C. Vitamin ini diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun, sekali lagi, manfaat-manfaat blewah ini akan lebih terasa jika kita mengonsumsi dalam bentuk buah iris, tidak cuma beberapa sendok blewah serut untuk campuran es.

Makin matang buah blewah, makin lengkap kandungan vitaminnya. Jika mungkin pilihlah buah blewah yang benar-benar matang. Buah blewah kadang dipanen dalam kondisi belum matang. Ini sengaja dilakukan agar blewah tidak lekas busuk saat dijual. Buah blewah yang matang alami di sawah bisa kita kenali dari baunya yang harum. (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s