NUTRISI: Kacang Merah

Kacang Merah untuk Badan Ideal

Salah satu jenis makanan sehat yang banyak dianjurkan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat adalah kacang-kacangan. Dalam urusan ini, Indonesia merupakan negara yang sangat kaya terhadap jenis kacang. Ada kacang tanah, kedelai, kacang hijau, kacang merah, dan masih banyak lagi.

Dari beberapa contoh jenis kacang di atas, kacang merah mungkin yang paling jarang kita konsumsi. Di pasar, kita memang jauh lebih mudah menemukan kacang tanah, kedelai, dan kacang hijau daripada kacang merah. Dalam urusan gizi, kacang merah tak kalah dari saudara-saudaranya sesama kacang. Kacang ini bisa dijadikan sebagai bahan kolak, dicampur dengan sayur, nasi tim, bubur, bisa pula dibuat menjadi anek kue. Sifatnya seperti kacang hijau yang bisa diolah menjadi berbagai masakan.

Sebagaimana kedelai, kacang tanah adalah sumber protein nabati yang sangat baik. Banyak mengandung asam lemak tak jenuh seperti omega-3 dan omega-6 yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Tiap 100 gram, kacang merah mengandung:

Protein                                                 22 g

Karbohidrat                                         61 g

Lemak                                                 1,5 g

Vitamin A                                           30 SI

Vitamin B1                                         0,5 mg

Vitamin B2                                         0,2 mg

Niasin                                                  2,2 mg

Kalsium                                               260 mg

Fosfor                                                  410 mg

Besi                                                     5,8 mg

Menurut Prof. Dr. Made Astawan, dalam bukunya Sehat dengan Hidangan Kacang dan Biji-bijian, kacang hijau merupakan sumber protein nabati yang sangat baik. Kadar proteinnya setara kacang hijau. Kadar karbohidratnya paling tinggi di antara kacang jenis lain. Kadar lemaknya lebih rendah daripada kedelai dan kacang tanah. Kadar seratnya setara dengan ketiga jenis kacang saudaranya di atas, dan lebih banyak daripada beras, jagung, dan gandum.

Salah satu kelebihan protein dari kacang tanah adalah komposisi asam aminonya yang lengkap. Di dalam kacang hijau terdapat asam amno arginin dan alanin. Arginin adalah asam amino yang berperan penting dalam produksi hormon pertumbuhan. Hormon ini penting untuk menjaga kesehatan otot dan mengurangi penumpukan lemak di dalam tubuh.

Sekalipun karbohidratnya lebih tinggi daripada jenis kacang lain, kacang tanah memiliki indeks glisemik yang rendah. Cocok digunakan sebagai makanan diet penyandang diabetes dan mereka yang mengalami obesitas.

Para ilmuwan di Universita Cattolica, Roma, Italia, pernah melakukan penelitian manfaat kacang hijau dalam menurunkan berat badan. Hasilnya membuktikan bahwa biji tanaman yang punya nama latin Phaseolus vulgaris ini mampu menurunkan berat badan secara signifikan dan menjaga di level berat badan ideal. Jadi, kalau Anda berminat menurunkan berat badan, diet menu kacang merah mungkin patut dicoba.

Namun, di balik nutrisinya yang lengkap, kacang merah mentah ternyata juga mengandung senyawa yang merugikan kesehatan, misalnya asam fitat. Asam fitat ini tergolong senyawa yang sulit dicerna oleh tubuh. Agar efek merugikan ini hilang, kacang merah harus dikonsumsi dalam keadaan benar-benar matang, diolah pada suhu 100 oC. Sebelum diolah, kacang merah sebaiknya direndam dahulu di dalam air selama satu malam lalu air rendamannya dibuang. Proses ini bisa membuat kadar asam fitat turuns ekitar 42%. Setelah dimasak sampai matang, kita tak perlu lagi khawatir dengan efek buruknya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s