NUTRISI: Mangga

Nikmati Mangga Sesuai Selera

Musim mangga sudah tiba. Kini waktunya kita menikmati mangga sekaligus mengambil manfaatnya untuk kesehatan. Mangga tak hanya enak tapi juga kaya gizi. Salah satu kelebihannya, buah punya banyak varietas yang bisa kita pilih. Ada mangga gedong gincu, mangga gadung, mangga manalagi, mangga arumanis, mangga indramayu, dan masih banyak lagi.

Masing-masing varietas mangga memiliki kandungan nutrisi yang hampir mirip tapi tidak sama persis. Mangga yang masam tentu saja banyak mengandung kandungan asam, termasuk vitamin C. Mangga yang manis banyak mengandung karbohidrat. Makin manis, makin banyak karbohidratnya. Mangga yang berwarna kuning banyak mengandung betakaroten, bahan pembuat vitamin A. Mangga yang berserat banyak mengandung serat tak larut yang bagus untuk kesehatan pencernaan.

Kandungan terbanyak dalam buah mangga matang adalah air, sekitar 80%. Secara umum, rata-rata tiap 100 gram mangga matang-manis mengandung nutrisi sbb:

Energi                          65 kkal

Karbohidrat                 17 g

Gula                            14,8 g

Serat                            1,8 g

Lemak                         0,27 g

Protein                         0,51 g

Vitamin                       A 38 mg

Beta-karoten               445 mg

Vit. B1                        0.058 mg

Vit. B2                        0,057 mg

Vit. B3                        0,584 mg

Asam pantotenat         0,160 mg

Vitamin B6                 0,134 mg

Folat                            14 mg

Vitamin C                   27,7 mg

Kalsium                       10 mg

Kalium                        156 mg

Buah mangga banyak mengandung antioksidan. Ini gizi yang bermanfaat untuk menjaga keremajaan sel-sel tubuh sehingga tubuh tidak gampang sakit, kulit tidak gampang berkeriput. Antioksidan ini juga bisa menjadi pelindung tubuh dari paparan polutan, asap rokok, sinar ultraviolet, dan sebagainya. Kandungan antioksidan utamanya adalah betakaroten  dan vitamin C. Di dalam tubuh, betakaroten akan diubah menjadi vitamin A, yang selain berguna untuk kesehatan kulit, juga berguna untuk kesehatan mata. Vitamin C berperan dalam proses regenerasi sel-sel yang telah rusak, juga menjaga kesehatan pembuluh darah.

Kandungan vitamin C di buah mangga tergolong pas untuk kecukupan gizi harian. Rata-rata tiap 100 g mangga mengandung sekitar 30 mg. Artinya, jika kita makan satu buah mangga dengan ukuran rata-rata (sekitar 200 g), berarti kebutuhan harian kita terhadap vitamin C sudah terucukupi. (Orang dewasa membutuhkan vitamin C sekitar 60 mg sehari).

Mangga juga mengandung banyak kalium, seperti air kelapa. Tiap 100 g mangga berisi sekitar 150 mg kalium. Di dalam tubuh, kalium diperlukan untuk menjaga keseimbangan sistem otot jantung. Satu buah mangga ukuran sedang (sekitar 200 g) hampir mencukupi kebutuhan kalium kita selama sehari.

Saat mangga masih muda (biasa digunakan untuk rujakan), kandungan gulanya belum banyak. Makin matang, kandungan gulanya makin banyak. Begitu pula kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin-vitamin A dan B. Itu sebabnya, mangga yang matang pohon lebih bergizi daripada mangga yang dipetik sebelum ranum lalu dibiarkan sampai matang sendiri.

Jadi, kalau Anda membeli mangga, pilihlah mangga matang pohon yang masih segar. Makin lama disimpan, kandungan antioksidannya mungkin sudah menurun. Tak masalah apa pun jenis mangga yang Anda sukai, semua punya nutrisi yang hampir setara dan yang jelas sangat berguna bagi kesehatan. Untuk urusan mangga: soal selera, terserah Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s