Sambal untuk Kebahagiaan


Tak peduli Anda laki-laki atau perempuan, sudah menikah atau belum, resep sambal di bawah ini, saya jamin, akan sangat berguna untuk kebahagiaan Anda dunia akhirat (:p). Jika Anda seorang istri, resep sambal ini akan membuat suami memuji Anda, ”Sudah cantik, pintar memasak pula.” Jika Anda seorang suami, resep sambal ini akan membuat istri Anda bergumam, sekalipun mungkin secara diam-diam di belakang Anda (:p), ”Aih, sungguh tidak salah saya memilih dia sebagai suami.”

A happy family is but an earlier heaven,” bukankah begitu kata orang-orang bijak? Sambel can make it happen!

Bahan-bahan:

  1. Cabe rawit, 8 buah, atau sesuai selera
  2. Cabe besar (cabe merah), 4 buah, atau sesuai selera. Jika Anda tak begitu suka pedas, jumlah cabe rawit bisa dikurangi dan diganti dengan cabe merah. Sebaiknya gunakan cabe yang berwarna merah karena warna merahnya akan membuat sambal kelihatan lebih lezat.
  3. Garam, ½ sendok teh. Pada saat proses pembuatan nanti, Anda bisa mencoba rasa sambal. Jika menurut selera Anda masih kurang asin, tinggal tambahkan garam. Jika sejak awal garamnya terlalu banyak, kita akan sulit mengoreksi rasa asinnya.
  4. Gula putih, ½ sendok teh. Kombinasi gula dan garam ini berfungsi sebagai pengganti Ajinomoto karena perpaduan keduanya akan menghasilkan rasa gurih yang natural.
  5. Petis ikan, ½ sendok teh. Sekadar untuk diketahui, ada dua jenis petis, yaitu petis ikan dan petis udang. Petis ikan biasanya berwarna cokelat, rasanya sangat asin, baunya agak amis karena terbuat dari sari ikan laut. Petis ikan ini relatif lebih sulit didapatkan di pasar karena memang jarang dipakai memasak. Adapun petis udang biasanya berwarna hitam, rasa dan aromanya gurih, terbuat dari sari kepala udang. Yang digunakan untuk sambal ini adalah petis ikan. Jika Anda kesulitan mendapatkannya, saya bisa membantu.
  6. Daun jeruk purut, 1 helai. Sekadar untuk diketahui, daun jeruk purut berbentuk seperti angka 8. Saya menyarankan Anda menanamnya di rumah karena daun jeruk ini banyak sekali fungsinya. Daun jeruk purut bisa membuat aneka masakan menjadi lebih lezat, mulai dari sambal, lodeh, kare, tumis, rawon, mangut, dan sebagainya. Anda bisa membeli anakan pohon jeruk purut di penjual tanaman buah, umumnya seharga Rp 15.000,- untuk tanaman setinggi 0,5 m.
  7. Jahe, seujung kuku
  8. Kunir, seujung kuku
  9. Lengkuas, seujung kuku
  10. Tomat, 1 buah
  11. Bawang putih, ½ siung
  12. Bawang merah, ½ siung
  13. Ketumbar, ¼ sendok teh
  14. Minyak goreng, 1 sendok makan. Sambal akan menjadi lebih gurih kalau kita menggunakan minyak goreng yang habis dipakai menggoreng daging ayam.


Cara pembuatan:

  • Ulek semua bahan dengan cobek batu sampai halus. Saya tidak menganjurkan menggunakan blender karena proses mengulek akan membuat kita menjadi lebih menghargai tukang masak di rumah.
  • Panaskan minyak goreng di atas wajan dengan api kecil saja. Tumis sambal sekitar 5-10 menit sampai aroma sedapnya keluar dan membuat Upin Ipin berseru, ”Hmmm sedapne…”. Selain membuat aroma sambal lebih enak, proses penggorengan juga membuat sambal lebih tahan lama hingga satu minggu. Ini karena panas penggorengan akan menginaktifkan enzim-enzim pengurai di dalam tomat dan cabe serta membunuh ba’teri-ba’teri pembusuk.



Anda bisa menghidangkan sambal ini dengan ayam goreng, ikan goreng, atau lauk-pauk lainnya. Saya jamin, sambal ini bisa meningkatkan selera makan Anda saat sahur.

Resep ini bisa dianggap sebagai sambal universal. Anda bisa menghidangkannya secara terpisah dengan lauk lain, bisa juga Anda gunakan sebagai bumbu masak sayur. Misalnya, jika Anda mau membuat sayur lodeh, tinggal tambahkan saja sambal ini ke dalam santan dan potongan sayur-sayuran lalu rebus, lalu tambahkan garam dan gula putih, maka jadilah sayur lodeh. Jika Anda ingin makan pepes ikan, tinggal bumbui saja ikan dengan sambal ini lalu bungkus dengan daun pisang, kemudian kukus atau panggang.

Resep ini tetap menghasilkan sambal yang enak sekalipun bahan-bahannya tidak komplet, misalnya tidak ada petis ikan, ketumbar, atau daun jeruk purut. Selesai makan dengan sambal ini, saya jamin Anda akan merasa menjadi orang yang lebih bahagia. [emshol/Seri Pawon Elpiji 3 kg]

Advertisements

4 thoughts on “Sambal untuk Kebahagiaan

  1. mungkin komposisi cabe rawit dan cabe merah yg lebih tepat adalah sesuai selera (:p). kebetulan saja selera saya pedas dengan komposisi 1 banding 1. sepertinya ini bukan selera umum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s