NUTRISI: Tomat

Cara Tepat Memperoleh Likopen Tomat

Dalam ilmu botani, tomat sebetulnya termasuk buah-buahan. Tapi karena rasanya kurang manis, buah ini lebih banyak digunakan sebagai bahan untuk memasak. Tak penting kita menganggapnya buah sayur, yang jelas tomat merupakan makanan yang kaya nutrisi.

Nutrisi terpenting dalam tomat tak lain adalah likopen. Likopen merupakan senyawa berwarna merah muda yang juga banyak terdapat di buah berwarna merah, seperti semangka dan jambu biji yang merah. Manfaat senyawa ini banyak sekali, terutama sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas, menjaga keremajaan kulit, hingga mencegah kanker.

Tomat mengandung banyak likopen saat matang dan warnanya merah atau oranye. Jika masih mentah dan berwarna hijau, kandungan likopennya hanya sekitar seperlimanya dibanding saat matang. Oleh karena itu, kalau kita ingin mendapatkan manfaat optimal dari tomat, pilihlah tomat matang yang segar dan berwarna merah atau oranye. Di Indonesia, tomat hijau biasa digunakan di dalam resep sambal (misalnya sambal cibiuk yang terkenal itu) atau tumis.

Selain mengandung likopen, tomat juga banyak mengandung vitamin, terutama vitamin C dan betakaroten (provitamin A). Kedua vitamin ini juga punya fungsi antioksidan. Sayangnya, vitamin C ini mudah rusak dalam proses memasak. Tapi jangan khawatir, betakaroten dan likopen tetap stabil dalam pemanasan. Bahkan, penelitian menunjukkan, likopen dan betakaroten lebih mudah diserap oleh tubuh jika tomat dikonsumsi setelah dimasak, bukan dimakan segar.

Jika kita ingin memperoleh manfaat optimal dari vitamin C-nya, kita bisa mengonsumi tomat dalam keadaan segar, misalnya dibuat jus. Namun, secara umum, tomat lebih disarankan untuk dimasak lebih dulu sebab nutrisi terpenting dari buah ini memang adalah likopen.

Karena alasan likopen pula, kita sebaiknya memilih tomat yang sudah matang (tapi tidak terlalu matang sampai akan membusuk). Cirinya, tomat sudah berwarna merah atau oranye, kulitnya mulus, tidak terlalu keras, juga tidak terlalu lembek saat ditekan. Jika terlalu lembek, itu pertanda tomat akan cepat membusuk.

Tomat termasuk buah yang mudah busuk. Itu sebabnya buah ini biasa dipanen saat setengah matang agar tidak cepat busuk saat dijual. Setelah kita membelinya dari pasar, tomat sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam kulkas. Kenapa begitu? Suhu dingin membuat proses pematangan terhambat sehingga kandungan likopennya tidak optimal. Kita bisa memasukkan tomat ke dalam kulkas kalau buah ini sudah cukup matang dan dikhawatirkan cepat membusuk.

Selain bisa dimakan segar dan dimasak, tomat juga bisa dikonsumsi sebagai saus tomat. Namun, saus tomat yang banyak beredar di pasar pada umumnya sudah kehilangan nutrisi penting seperti vitamin karena proses penyiapannya. Selain itu, saus tomat biasanya berisi bahan pengisi lain yang bukan tomat, misalnya tepung atau ubi. Warna merahnya juga biasanya pewarna. Jadi, kalau ingin mendapat nutrisi paling lengkap dari tomat, lebih baik kita mengonsumsi tomat utuh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s