K L I K

Dunia digital sudah lama mendominasi keseharian kita. Teknologi ini membawa paradoks dalam hidup. Dia bisa membuat urusan yang sulit menjadi gampang. Tapi ia juga bisa membuat perkara yang mestinya sederhana menjadi rumit.

Kini kita hidup di era ”You are what you tweet.” Seseorang bisa ketiban durian runtuh ataupun jatuh tertimpa tangga hanya karena tulisannya di Facebook, Twitter, milis, dan sejenisnya. Seseorang bisa masuk bui hanya karena ia curhat lewat dunia maya tentang pelayanan rumah sakit. Yang lain bisa tiba-tiba kehilangan jutaan rupiah setelah nomor PIN kartu kreditnya bocor di internet.

Seseorang bisa mendadak tersohor hanya karena video yang ia unggah di Youtube. Sementara seorang pesohor lain bisa tiba-tiba runtuh reputasinya karena dokumen pribadinya beredar di internet. Semua bisa berlangsung dalam hitungan menit. Teknologi digital memungkinkan itu terjadi. Di sini jarak antara kita dan apa pun dunia ini hanya satu klik jari telunjuk. Dunia ini ada di dalam genggaman kita tapi dia juga menggenggam dan mengendalikan hidup kita.

Yang kita sebut sebagai dunia maya itu telah mendominasi dunia nyata kita. Kini batas antara yang maya dan nyata itu semakin kabur. ”Hari ini Anda sadar ketika berada di internet. Tapi di masa datang, Anda mungkin tidak lagi sadar dan tidak tahu,” kata Bill Gates mengingatkan kita.

Disukai ataupun tidak, dunia digital akan terus mengendalikan hidup kita di masa datang. Perubahan tata interaksi manusia akibat teknologi digital adalah sebuah keniscayaan yang tak mungkin dihindari. Kita tidak mungkin melawan laju perkembangan teknologi ini. Yang bisa kita lakukan hanya berdamai, berkompromi, dan bernegosiasi.

Sebagai sebuah media, dunia digital bersifat netral. Ia bisa mendatangkan kebaikan atau keburukan sepenuhnya tergantung dari cara kita menggunakannya. Untuk itulah kami menghadirkan edisi khusus ini buat Anda. Semoga bermanfaat.

Salam

M. Sholekhudin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s