Indonesia Bisa


Petuah bijak mengatakan, lebih baik menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan. Nasihat ini sungguh terasa relevan jika kita kaitkan dengan kondisi negara kita saat ini. Lewat media massa, kita bisa melihat, Indonesia saat ini adalah Indonesia yang gelap dan penuh dengan berita mencemaskan. Pejabat yang korupsi, wakil rakat yang menindas rakyat, aparat hukum yang malah menjadi penjahat, dan segala bentuk ironi lainnya.

Tapi Indonesia yang sebenarnya jelas tidak bisa kita lihat semata-mata dari berita di koran dan televisi. Indonesia tidak sepenuhnya gelap dan penuh berita mencemaskan. Masih banyak kabar baik dari negara kita. Sebagian kami sajikan di Intisari Extra edisi ini. Di Indonesia, masih banyak orang yang bekerja dengan ikhlas untuk memajukan bangsa. Mereka pendidik, ilmuwan, dokter, pengusaha, bahkan bocah SMP dan anak-anak muda yang gaul.

Mereka tidak berkeluh kesah terhadap keadaan. Sebaliknya, di tengah segala keterbatasan dan kondisi yang tidak menguntungkan, mereka berjuang dan mengukir prestasi demi Indonesia, negara yang mereka cintai dengan sepenuh hati. Mereka tidak mengutuk kegelapan, melainkan menyalakan lilin.

Kondisi Indonesia saat ini mungkin memang tidak sebagus yang kita harapkan. Tapi kita tetap punya alasan untuk optimis. Pesimisme hanya akan membuat kita kehilangan energi. Orang-orang yang membawa kabar baik bagi Indonesia adalah alasan bagi kita untuk tetap optimis dengan masa depan tanah air kita.

Dalam kadar yang berbeda, kita semua pun bisa berbuat seperti mereka. Mungkin bukan sesuatu yang besar. Yang kecil pun bisa menjadi sangat berarti karena Indonesia adalah hasil kerja kolektif dari 240 juta orang penduduknya. Maka jika selama ini kita biasa mengkritik pihak lain karena tidak melakukan ini dan itu, sekaranglah saatnya kita bertanya kepada diri sendiri, “Apa yang sudah kita lakukan untuk ikut memperbaiki keadaan?”

Selamat membaca. Semoga bermanfaat.
Salam.

M. Sholekhudin

Twitter: IntisariOnline
Facebook Page: Majalah Intisari
www.intisari-online.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s