OBAT BUAT IBU HAMIL (5)

Obat-obat di atas (nomor 1-10) tergolong obat yang bisa didapatkan di apotek tanpa resep dokter. Dari golongan obat resep, ada beberapa jenis obat yang sebaiknya diketahui oleh orang awam demi alasan kemananan.
11.       Kortikosteroid. Obat ini termasuk kelompok obat resep. Tapi di masyarakat kita obat ini sering digunakan tanpa resep dokter. Pada orang yang tidak hamil saja, obat ini bisa menimbulkan efek buruk, apalagi pada ibu hamil. (Lihat juga Bab Kortikosteroid).
Penggunaan reguler kortikosteroid (seperti deksametason, prednison, prednisolon, dan sejenisnya) pada ibu hamil berisiko membuat bayi lahir prematur, lahir dengan berat badan rendah, atau berbibir sumbing. Ini hanya contoh betapa ibu hamil harus ekstra hati-hati dalam minum obat.
Seperti dijelaskan di Bab Kortikosteorid, obat ini banyak digunakan untuk berbagai penyakit, mulai dari asma, alergi, rematik, hingga sakit kulit. Jika si ibu menyandang peyakit kronis yang mengharuskannya minum kortikosteoroid secara reguler, misalnya sakit asma, ia harus memberi tahu dokternya bahwa ia hamil.
Selama masa kehamilan, si ibu harus tetap menggunakan obat asma. Jika tidak dikendalikan, asma mungkin bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan janin. Dengan memberi tahu dokter sedini mungkin, dokter akan bisa memilihkan obat asma yang risikonya paling kecil terhadap ibu dan janin.
12.      Antibiotik. Ini kelompok obat yang perlu sangat banyak digunakan secara bebas (tapi salah) tanpa resep dokter. Selain risiko resistensi, kuman menjadi kebal, penggunaan antibiotik pada ibu hamil harus mendapat perhatian khusus karena mungkin bisa mengganggu pertumbuhan janin.
Infeksi-infeksi tertentu memang membutuhkan antibiotik. Misalnya, infeksi saluran kemih. Jika dibiarkan saja, tidak diobati, infeksi ini mungkin bisa menyebabkan bayi lahir prematur. Dan karena antibitoik adalah obat resep, ibu hamil sebaiknya menyerahkan urusan ini kepada dokter, tidak melakukan pengobatan sendiri. Dokter bisa menimbang manfaat dan risiko obat sehingga bisa memilih obat yang tepat.
Berikut ini beberapa contoh antibiotik dan risiko yang mungkin timbul pada ibu hamil.
a.       Tetrasiklin. Antibiotik ini di pasaran hampir seperti obat bebas padahal sebetulnya adalah obat resep. Contoh merek yang sangat terkenal adalah Super Tetra®. Obat ini bisa berikatan dengan kalsium. Jika diminum pada kehamilan trimester kedua hingga masa menyusui, antibiotik ini bisa mengganggu pertumbuhan cikal bakal gigi dan tulang. Warna gigi bayi bisa menjadi cokelat permanen. Efek yang sama juga akan terjadi jika ibu hamil atau ibu menyusui minum oksitetrasiklin, doksisiklin, dan minosiklin.
b.      Kotrimoksasol. Ini juga termasuk antibiotik yang banyak digunakan secara bebas tapi salah. Berupa kombinasi dua antibiotik, yakni trimetoprim dan sulfametoksazol, obat ini biasa diindikasikan untuk infeksi saluran kemih.
Menurut Organization of Teratology Information Specialist (OTIS), kotrimoksazol bisa menurunkan kadar asam folat pada ibu hamil. Padahal asam folat adalah vitamin penting yang diperlukan untuk mencegah bayi lahir dengan kelainan saraf atau bibir sumbing. Jika diminum di trimester akhir, obat ini mungkin bisa menyebabkan bayi lahir dengan sakit kuning.
c.       Streptomisin, tobramisin, gentamisin, neomisin, dan sejenisnya. Pada ibu hamil, konsumsi obat-obat ini mungkin bisa mengganggu pertumbuhan ginjal dan organ pendengaran janin.

d.      Siprofloksasin, ofloksasin, lefloksasin, dan obat-obat segolongan yang biasanya berakhiran “-floksasin”. Di masyarakat kita, siprofloksasin banyak digunakan secara bebas, hampir seperti amoksisilin dan ampisilin. Sebagian referensi memasukkan obat ini termasuk kategori kurang aman karena bisa menyebabkan gangguan sendi pada bayi.

———————————————————————-
Dapatkan buku karya pemilik blog ini, BUKU OBAT SEHARI-HARI,

terbitan Elex Media Komputindo, di Gramedia dan toko-toko buku.

Buku Obat Sehari-Hari

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s