PIL KB (3)

2.     Pil KB hormon tunggal. Berisi satu jenis hormon progestin saja. Biasa disebut minipil. Secara umum, pil jenis ini aman digunakan ibu menyusui karena tidak mengganggu produksi ASI. Biasanya di kemasannya ditulis atau diberi tanda bahwa pil KB ini diperuntukkan buat ibu menyusui. Akan tetapi, begitu si ibu sudah tidak menyusui bayinya lagi, sebaiknya ia kembali menggunakan pil KB kombinasi.
Dalam kondisi tidak menyusui, pil KB kombinasi merupakan pilihan pertama karena lebih efektif. Selain itu pil KB kombinasi juga bisa membuat siklus haid menjadi lebih normal. Adapun pil KB jenis tunggal justru bisa menyebabkan perubahan pola menstruasi jika dikonsumsi oleh wanita yang tidak menyusui.
Contoh obat dan merek dagang:
Hormon
Merek dagang
Desogestrel
Cerazette®
Linestrenol
Exluton®, Andalan Laktasi®
Levonorgestrel
Microlut®
Semua jenis pil KB tidak boleh diminum saat hamil sebab kandungan pil KB mungkin bisa menyebabka gangguan pertumbuhan organ reproduksi janin. Mungkin Anda bertanya: hamil kok minum pil KB? Hal seperti ini bisa saja terjadi tanpa disadari. Seorang wanita yang minum pil KB biasanya akan merasa dirinya 99% tidak hamil. Faktanya, mungkin saja ia termasuk ke dalam 1% yang hamil. Sehingga, ketika ia telat haid sampai beberapa bulan, ia biasanya hanya akan menganggap itu sebagai gangguan siklus menstruasi dan tidak mencurigainya sebagai kehamilan.
Oleh sebab itu, ketika seorang perempuan tidak datang bulan dua kali sebaiknya ia segera melakukan uji kehamilan. Ini untuk memastikan apakah telat haid itu hanya gangguan pola siklus menstruasi ataukah kehamilan. Jika ia hamil, pemakaian kontrasepsi harus dihentikan karena hormon dalam pil KB mungkin bisa mengganggu perkembangan organ reproduksi janin.
 
Pro-Kontra
Banyak laporan pro-kontra mengenai efek buruk pil KB. Misalnya, sebagian peneliti menyatakan pil KB meningkatkan risiko kanker, tapi peneliti lain malah melaporkan sebaliknya, dan menyatakan bahwa pil KB jutsru bisa mencegah kanker-kanker jenis tertentu. Kita harus percaya yang mana?
Sebagai pihak awam yang hanya bisa memercayakan urusan sepenuhnhya kepada para ahli, sebaiknya kita mengambil posisi waspada saja. Selama minum pil KB, sebaiknya pemakai terus memantau perubahan yang terjadi.
Selain pendapat tentang risiko kanker, ada juga pendapat lain yang menyatakan bahwa pil KB bisa menyebabkan kemandulan ketika pemakaian jangka lama dihentikan. Tapi menurut pendapat yang lebih kuat, pendapat ini tidak benar. Efek kontrasepsi pil KB bersifat reversibel. Artinya, ketika pemakaiannya dihentikan, perempuan akan kembali menjadi subur. Jika si perempuan tidak kunjung hamil setelalh pil KB disetop, mungkin saja itu memang disebabkan oleh kondisi kesuburannya sendiri sejak semula. Bukan karena pengaruh pil KB.
Itu sebabnya, dalam ilmu kesehatan reproduksi, wanita di atas 25 tahun lebih dianjurkan punya anak lebih dulu baru ber-KB. Tentu saja, saran ini semata-mata berdasarkan pertimbangan biologis, tanpa memperhatikan faktor sosial, budaya, atau ekonomi wanita yang bersangkutan.
Secara biologis, wanita mencapai puncak kesuburan pada usia sekitar 25 tahun. Melewati  usia ini, kesuburan seorang wanita akan menurun perlahan-lahan. Makin lama wanita menunda kehamilan, makin berkurang kesuburannya. Bukan karena pil KB-nya tapi karena faktor usianya.
Oleh karena pertimbangan inilah, keputusan menjalani kontrasepsi selalu harus dilakukan dengan hati-hati, terutama pada wanita yang belum punya anak. Jangan sampai kontrasepsi menimbulkan masalah di belakang hari sehingga si wanita mengalami kesulitan memperoleh keturunan.

———————————————————————-
Dapatkan buku karya pemilik blog ini, BUKU OBAT SEHARI-HARI,

terbitan Elex Media Komputindo, di Gramedia dan toko-toko buku.

Buku Obat Sehari-Hari

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s