AJAK BERMAIN

Buku lengkap SOLUSI ANAK SUSAH MAKAN bisa diunduh dengan mengklik gambar berikut:

Anak-anak suka bermain. Semua orangtua sudah mengetahui fakta ini. Tapi mungkin tidak semua orangtua secara sadar menjadikannya sebagai pedoman ketika memberi makan anaknya.
Kegiatan makan memang harusnya menyenangkan. Di bab tentang Baby-led Weaning kita sudah membahas bahwa anak lebih suka kegiatan makan yang bisa dilakukan sendiri sambil bermain. Bagaimana jika kita sudah berusaha membiarkan dia makan sendiri tapi ternyata dia hanya mengorak-arik makanan itu dan tidak mau memakannya? 
Pertama, kita harus tetap sabar J. Kalau memang dia tidak mau makan sendiri, oke, kita bisa pakai cara lama: suap. Sambil menyuapinya, kita ajak si kecil bermain-main. Ide permainan tentu saja terserah kita, yang penting si anak menikmatinya.
Ajak Bicara
Hasil penelitian di Cornell University mungkin bisa memberi kita ide. Menurut penelitian itu, anak-anak akan makan wortel lebih banyak jika wortel itu diberi nama-nama yang menarik bagi mereka. Anak-anak suka berimajinasi. Kita bisa menghubungkan makanan itu dengan hewan-hewan atau tokoh-tokoh kartun kesukaan mereka: Upin & Ipin, Masha & The Bear, Thomas & Friends, Dora The Explorer, SpongeBob, atau yang lain.
Di film kartun favorit si kecil, Masha & The Bear, ada tokoh kelinci yang suka makan wortel. (Sumber: Wallfem.com/)
Akan lebih menarik lagi jika makanan itu dihidangkan dalam bentuk-bentuk yang menarik sehingga bisa dijadikan bahan cerita, misalnya telur atau buah dan sayur iris yang dibentuk seperti orang atau hewan. Untuk mencari ide-ide seperti ini, kita bisa bertanya kepada Mbah Google.
Sumber: Ittybittyfoodies.com/
Kita juga bisa menggunakan cara lawas yang dipakai banyak orang, yaitu membujuk anak agar mau membuka mulut dengan mengajaknya membayangkan sendok makanan itu sebagai pesawat terbang yang akan mendarat.
Ini cara kuno yang masih efektif pada sebagian anak. Kami sendiri tidak menggunakan teknik ini. Kalau mau mencoba cara ini, silakan. Tapi perlu diketahui, sebagian besar referensi tidak menganjurkan cara ini karena ini akan mengalihkan anak dari fokus kegiatannya, yaitu latihan menyukai kegiatan makan. Tujuan dari kegiatan makan adalah agar anak suka makanannya, bukan suka mainannya.
Sumber: Blibli.com/
Setiap anak itu unik dan memerlukan pendekatan yang unik pula. Kebetulan anak saya senang sekali diajak belajar. Sejak bisa bicara, dia selalu bertanya “Apa itu?” tiap kali melihat benda-benda baru. Dalam satu hari, dia bisa puluhan kali mengucapkan pertanyaan ini sampai kadang membuat kami kewalahan menjawabnya.
Keingintahuannya yang besar ini kami manfaatkan dengan cara memperkenalkan nama-nama dan warna-warni makanan pada saat ia makan. Jangan remehkan otak anak-anak. Walaupun mereka mungkin belum bisa mengerti nama, warna, dan alur cerita, mereka sangat senang diajak bicara.
Anak saya pun sangat menikmati proses ini walaupun kadang ia cuma senang diajak mengobrol tapi tetap tidak mau makan. Setidaknya, cara ini bisa meningkatkan kemungkinan dia mau makan dibandingkan jika dia cuma disuruh makan saja tanpa diajak mengobrol tentang makanan itu.
Makan Duduk Paling Baik
Sebagian besar referensi perawatan anak menganjurkan cara makan sambil duduk di kursi menghadap ke meja. Anak-anak harus dibiasakan makan mengikuti cara makan orang dewasa.
Setiap kali jam makan tiba, ajak si kecil makan dengan posisi duduk. Matikan televisi supaya tidak mengganggu kegiatan makan. Orangtua makan bersama si kecil agar dia mengamati dan meniru apa yang dilakukan orang dewasa.
Sumber: Indianrecipesfood.com/
Ini cara ideal. Sebaiknya orangtua berusaha demikian. Namun, cara seperti ini tidak selalu berhasil buat sebagian anak, apalagi pada mereka yang memiliki bawaan tidak suka makan. Dalam kehidupan nyata, “cara ideal” memang sering kali mirip dengan “istri ideal” atau “suami ideal”. Cuma ada di buku, tak ada di kehidupan nyata J.
Untuk anak-anak unik yang susah diajak makan dengan cara ideal, orangtua memang harus berusaha lebih keras agar mereka mau makan walaupun dengan cara yang tidak ideal.

Salah satu cara gampang makan sambil bermain adalah mengajak si kecil makan bersama anak kecil lain, misalnya saudaranya atau kawannya. Ketika si kecil melihat kakaknya atau temannya makan dengan lahap, ia akan lebih terdorong untuk meniru mereka. 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s