GERAKAN BUKA MULUT

Buku lengkap SOLUSI ANAK SUSAH MAKAN bisa diunduh dengan mengklik gambar berikut:

Barangkali tidak ada aksi balita yang lebih menakutkan para ibu selain Gerakan Tutup Mulut (GTM). Problem anak susah makan sepertinya telah menjadi fase wajib yang dihadapi oleh hampir semua orangtua.
“Anak saya kalau makan, makanannya cuma diemut saja, enggak ditelan-telan.”
“Itu masih mending, anak saya malah mulutnya mingkem rapet kalau mau disuapin.”
Keluhan-keluhan seperti ini telah menjadi klise di obrolan para ibu, tak terkecuali istri saya. Tiap kali kesulitan menyuapi si kecil, dia seketika stres sampai-sampai saya tidak bisa membedakannya dengan gejala premenstrual syndrome (PMS) J. Saking sulitnya si kecil makan, sampai-sampai tugas menyiapkan makanan dan menemaninya makan harus kami lakukan berdua secara langsung.
Ketika saya menghadapi sendiri masalah ini, saya bisa merasakan betapa masalah anak susah makan memang bukan perkara yang gampang diatasi. Jadi, wajar kalau para ibu mengalami “gejala PMS” berkali-kali dalam sebulan.
Seperti kebanyakan orangtua lain di zaman digital ini, saya berusaha mencari solusinya lewat bantuan Google. Namun, kali ini saya tidak puas dengan layanan mesin pencari ini. Dengan menggunakan kata-kata kunci umum seperti anak susah makan, picky eater, fussy eater, dan sejenisnya, saya cuma dibawa berputar-putar dari satu situs ke situs lain yang isinya tak jauh-jauh beda. Belum ada satu situs web khusus yang secara komplet membahas perkara ini.
Akhirnya, saya banyak bereksperimen dengan dasar-dasar ilmu yang saya peroleh dari internet itu. Alhamdulillah, berhasil. Sekalipun anak saya nafsu makannya masih naik turun, setidaknya dia cukup makan, cukup gizi, dan sangat sehat. Dalam mengukur tingkat kesehatan dan tumbuh kembangnya, kami cuma menggunakan ukuran awam saja, yaitu bahwa dia sangat aktif dan jarang sekali sakit walaupun sejak bisa berjalan, dia biasa berhujan-hujan atau bermain di bawah terik matahari.
Sebagian isi buku ini ditulis berdasarkan pedoman umum yang diakui kalangan dokter anak dan ahli gizi, ditambah pengalaman pribadi menerapkannya. Sebagian lagi merupakan teori-teori yang masih diperdebatkan. Untuk teori-teori yang masih pro-kontra ini, penulis berusaha menyertakan referensinya supaya pembaca bisa mengecek sendiri.
Penulis buku ini bukan ahli di bidang gizi atau pengasuhan anak, hanya kebetulan tukang nulis yang giat mencari referensi untuk mengatasi masalah susah makan pada anaknya. Karena itu, masukan dan saran untuk perbaikan buku ini sangat dinantikan.
Pengalaman satu orang tentu tidak bisa dijadikan sebagai pedoman umum. Trik yang berhasil untuk anak saya mungkin saja tidak berhasil untuk anak lain. Kami sendiri pun sempat mencoba berbagai trik yang hasilnya tidak memuaskan. Meski demikian, bab-bab yang dibahas di buku ini adalah pedoman-pedoman umum dari berbagai referensi kesehatan anak yang terpercaya. Jadi, layak untuk dicoba atau dijadikan sumber ide.

Buku ini ditulis untuk pembaca awam yang tidak berlatar belakang pendidikan ilmu kesehatan tetapi terbiasa membuka internet, entah lewat ponsel, tablet, atau laptop. Referensinya saya sertakan dalam bentuk format googling supaya lebih mudah dicek. Semoga bermanfaat. Salam buka mulut. 
Leave a Reply

